Fungsi Air Dan Kebutuhan Air (Sirkulasi Air) Dalam Tubuh

Fungsi Air Dan Kebutuhan Air (Sirkulasi Air) Dalam Tubuh - Air merupakan bagian utama cairan tubuh dan memiliki peranan penting di dalam tubuh. Sebanyak 55% dari berat berat badan orang dewasa terdiri atas cairan.

Fungsi air dalam tubuh adalah sebagai katalisator berbagai reaksi biologis dalam sel; sebagai pelarut zat gizi yang diperlukan tubuh dan mengangkut sisa metabolisme; sebagai fasilitator pertumbuhan; sebagai pelumas dalam cairan sendi - sendi tubuh; sebagai pengatur suhu dan peredaran benturan, misalnya cairan ketuban melindungi bayi dalam kandungan dari benturan.

Kebutuhan air di dalam tubuh dapat dipenuhi dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti buah, sayuran, daging, susu dan air minum.
Tubuh berusaha menjaga cairan di dalam tubuh agar berada dalam jumlah yang tetap artinya tidak kekurangan atau kelebihan air. Kekurangan air dapat disebabkan karena tubuh kehilangan cairan yang berlebihan (dehidrasi).

Fungsi Air Dan Kebutuhan Air (Sirkulasi Air) Dalam Tubuh

Paling sedikit, air yang harus dikeluarkan dari tubuh dalam sehari adalah 500 ml dalam bentuk urine. Selain itu, air juga dikeluarkan sebagai uap air, keringat dan keluar bersama feses.

Di luar jumlah tersebut, jumlah air yang keluar disesuaikan dengan pemasukan air. Jumlah air yang hilang perhari rata- rata 2,5 liter. Untuk mengganti cairan tersebut kita harus mengkonsumsi air rata- rata 2,5 liter per hari dengan perkiraan 1,5 liter dari air minum dan 1 liter dari bahan makanan lain.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel