Fungsi Mineral Dan Jumlah Mineral Yang Diperlukan Dalam Tubuh

Fungsi Mineral Dan Jumlah Mineral Yang Diperlukan Dalam Tubuh - Mineral merupakan bagian tubuh yang berupa unsur anorganik yang sangat penting untuk mengatur proses - proses biokimia dalam tubuh. Berbagai mineral dalam tubuh terdapat dalam bentuk ion dan berperan sebagai kofaktor dari beberapa enzim- enzim pencernaan.

Mineral dapat diperoleh dari bahan makanan. Berbagai mineral penting dalam tubuh, antara lain kalsium (Ca), Fosfor (P), Kalium (K), sulfur (S), Klor (CI), natrium (Na), Magnesium (Mg), zat besi (Fe/0, tembaga (Cu), iodium (I) , Fluor (F/0, Senga (Zn), Kobalt (Co), Selenium (Se), Krom (Kr), dan mobilbdenum (Mo) serta mangan (Mn).
Berdasarkan jumlah yang diperlukan dalam tubuh, mineral dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu mineral makro, mineral mikro dan mineral tambahan.

1). Mineral makro atau elemen makro (macroelement) merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, yaitu dalam jumlah 100 mg sehari. Mineral makro contohnya : Ca, P, K,S CI, Na dan Mg.
Fungsi Mineral Dan Jumlah Mineral Yang Diperlukan Dalam Tubuh

2). Mineral makro atau elemen mikro (microelement) merupakan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh dengan jumlah sedikit, yaitu kurang dari 100 mg sehari. Jumlah mineral mikro dalam tubuh kuranf dari 15 mg dan peranannya sangat penting di dalam tubuh. Contoh mineral mikro adalah Fe, Mn, Cu, dan I.

3). Mineral tambahan atau elemen tambahan (trace element) merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil untuk memperlancar fungsi metabolisme tubuh. Mineral tambahan contohnya Zn, F, Co, Se, Kr dan Mo.

Fungsi Mineral Dan Jumlah Mineral Yang Diperlukan Dalam Tubuh

Walaupun bahan makanan mengandung berbagai mineral untuk keperluan tubuh, namun tidak semuanya dapat dimanfaatkan. Fungsi mineral di dalam tubuh adalah sebagai berikut :

a). Untuk pembentukan tulang dan gigi.
b). Untuk pembentukan zat esensial dalam tubuh seperti hormon, enzim dan sel darah merah.
c). Menjaga keseimbangan asam dan basa cairan tubuh.
d). Membantu proses pembekuan darah.
e). Membantuk proses kontraksi otot dan penjalaran impuls saraf. Beberapa mineral penting yang diperlukan di dalam tubuh seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel