Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Dan Vitamin Berdasarkan Sifat Kelarutanya

Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Dan Vitamin Berdasarkan Sifat Kelarutanya - Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh, tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi karbohidrat, protein dan lemak. Akan tetapi juga dibutuhkan zat gizi lain yang sangat penting (vital) bagi tubuh.

Zat tersebut dikenal sebagai vitamin ("vita" berarti hidup sedangkan "amin" berarti gugus amino). Belakangan diketahui bahwa nama tersebut tidak sesuai lagi karena tidak semua vitamin mengandung gugus amino. Akan tetapi, nama vitamin masih tetap digunakan hingga sekarang.

Vitamin diberi nama menurut huruf, tetapi sekarang sudah diketahui nama kimianya. Misalnya vitamin A nama kimianya retinol, vitamin B₁ nama kimianya tiamin, dan vitamin C nama kimianya asam askorbat.

Vitamin adalah zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi penting untuk mempertahankan gizi yang normal dan tidak dapat dibut oleh tubuh. Vitamin harus didapat dari makanan, kecuali vitamin D, vitamin K dan Vitamin B₁₂ dapat disintesis oleh bakteri yang hidup pada usus besar.
Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Dan Vitamin Berdasarkan Sifat Kelarutanya

Bila kekurangan vitamin maka akan menyebabkan penyakit "defisiensi vitamin atau "avitaminosis". Sebaliknya, bila kelebihan vitamin dapat menimbulkan penyakit "hipervitaminosis", walaupun penyakit hipervitaminosis ini jarang terjadi.

Vitamin memiliki peran yang sangat penting dalam proses - proses di dalam tubuh. Akan tetapi, vitamin tidak menghasilkan energi di dalam tubuh. Vitamin banyak yang bertindak sebagai "koenzim" dalam sel tubuh. Secara umum, fungsi vitamin dalam tubuh adalah sebagai berikut :

a). Sebagai bahan molekul enzim, terutama sebagai koenzim.
b). Mempertahankan fungsi berbagai jaringan seperti jaringan epitel.
c). Memengaruhi pertumbuhan dan pembentukan sel - sel baru.
d). Membantu sintesis zat tertentu dalam tubuh.

Berdasarkan sifat kelarutanya, vitamin dibedakan menjadi dua golongan utama, yaitu vitamin yang larut air dan vitamin yang larut di dalam lemak. 

Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Dan Vitamin Berdasarkan Sifat Kelarutanya

Vitamin yang larut air meliputi vitamin B dan C, sedangkan vitamin yang larut di dalam lemak terdiri atas A, D, E dan K. Berbagai macam vitamin yang diperlukan di dalam tubuh beserta fungsinya seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel