Jaringan Epidermis ( Jaringan Permanen / Dewasa)

Jaringan Epidermis ( Jaringan Permanen / Dewasa) - Jaringan epidermis merupakan jaringan paling luar yang menutupi permukaan organ tumbuhan seperti daun, bagian bunga, buah, biji, batang dan akar. Fungsi utama jaringan epidermis adalah sebagai pelindung jaringan yang ada dibagian sebelah dalam. 

Bentuk, ukuran serta susunan dan juga fungsi sel epidermis berbeda- beda pada berbagai jenis organ tumbuhan. Ciri khas sel epidermis adalah sel- selnya rapat satu sama lain membentuk bangunan padat tanpa ruang antarsel. seperti tampak pada gambar.

Dinding sel epidermis ada yang tipis, ada yang mengalami penebalan dibagian yang menghadap ke permukaan tubuh, dan ada yang semua sisinya berdinding tebal serta mengandung lignin seperti ditemukan dalam biji dan daun pinus.


Jaringan Epidermis ( Jaringan Permanen / Dewasa)
Dinding luar sel epidermis biasanya mengandung kutin, yaitu senyawa lipid yang mengendap diantara selulosa penyusun dinding sel, sehingga membentuk lapisan khusus di permukaan sel yang disebut dengan kutikula. Di permukaan luar kutikula kadangkala ditemukan lapisan lilin yang kedap air untuk mengurangi penguapan air.

Beberapa bentuk khusus epidermis yang telah berubah struktur dan fungsinya diantaranya adalah yang berperan sebagai tempat pertukaran gas dan uap air, trikome yang berupa tonjolan epidermis dan tersusun atas beberapa sel yang mengalami penebalan sekunder.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel