Jaringan Meristem (Jaringan Embrional) Jaringan Sel Dan Tumbuhan

Jaringan Meristem (Jaringan Embrional) Jaringan Sel Dan Tumbuhan - Meristem adalah jaringan yang sel - selnya mampu membelah diri dengan cara mitosis secara terus menerus dan bersifat embrional untuk menambah jumlah sel- sel tubuh pada tumbuhan.
Meristem terdapat pada bagian tertentu saja pada tumbuhan, Berdasarkan letaknya, meristem dibedakan menjadi meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral.

Meristem apikal atau meristem ujung terdapat pada ujung - ujung pokok batang dan cabang serta ujung akar.
Meristem interkalar atau aksikalar "meristem antara" terdapat diantara jaringan dewasa, contohnya pada pangkal ruas batang.
Meristem lateral atau meristem samping terletak sejajar dengan permukaan organ, misalnya kambium dan kambium gabus.


Jaringan Meristem (Jaringan Embrional) Jaringan Sel Dan Tumbuhan

Pada umumnya, sel - sel penyusun jaringan meristem berdinding tipis, isodiametris dan relatif kaya akan protoplasma. Jaringan ini terdiri atas sel - sel yang belum terdiferensiasi. 

Kemampuan jaringan meristem untuk bermitosis secara terus - menerus menyebabkan tumbuhan dapat bertambah tinggi dan besar. Berdasarkan asal terbentuknya, jaringan meristem digolongkan menjadi dua, yaitu meristem primer dan meristem sekunder. 

Meristem Primer
Meristem primer berasal dari jaringan embrional yang membelah secara mitosis dan menghasilkan tumbuhan primer pada tumbuhan sehingga menyebabkan tumbuhan dapat bertambah tinggi. Meristem primer biasanya terdapat pada ujung batang dan ujung akar.

Meristem Sekunder
Meristem sekunder berasal dari jaringan dewasa yang sel- selnya telah berkembang lebih lanjut, dan biasanya terdapat pada tumbuhan dikotil. Dari jaringan meristem sekunder akan menghasilkan pertumbuhan sekunder yang menyebabkan batang menjadi besar, contohnya aktivitas kambium pada batang tumbuhan dikotil akan menghasilkan pembuluh kayu atau 'xilem" ke bagian dalam dan pembuluh tapis atau floem ke bagian luar.
Selain itu, terdapat kambium gabus atau felogen yang juga merupakan bagian dari pertumbuhan sekunder yang disebut periderm. Kambium gabus terdiri atas tiga bagian, yaitu, felem, felogen dan feloderm.

Felem merupakan jaringan gabus itu sendiri yang tersusun atas sel- sel mati.
Felogen merupakan bagian kambium gabus yang mengarah ke luar membentuk felem.
Feloderm merupakan bagian yang dibentuk felogen ke arah dalam dan merupakan jaringan yang sifatnya serupa parenkim yang terdiri atas sel- sel hidup.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel