Totipotensi Pada Tumbuhan (Sel Dan jaringan Tumbuhan)

Totipotensi Pada Tumbuhan (Sel Dan jaringan Tumbuhan) - sel- sel somatik dari berbagai tumbuhan jika berada pada kondisi yang baik dan tepat maka dapat berkembang menjadi tumbuhan baru yang utuh.

Kemampuan sel - sel untuk tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang demikian disebut totipotensi. Sel - sel tersebut memiliki potensi atau kemampuan untuk berkembang satu sama dengan kemampuan yang dimiliki oleh zigot.

Akan tetapi tidak semua sel memiliki kemampuan ini walaupun diberi kondisi khusus karena sel- sel tersebut mengalami pertumbuhan yang irreversible. 


Totipotensi Pada Tumbuhan (Sel Dan jaringan Tumbuhan)
Pada dasarnya, totipotensi menunjukan bahwa di dalam setiap sel hidup pada tumbuhan membawa informasi genetik yang lengkap dan penting untuk menghasilkan tumbuhan baru yang sempurna.

Kultur jaringan tumbuhan merupakan salah satu contoh teknik yang menunjukan bahwa setiap bagian tumbuhan yang dikultur pada kondisi tertentu mampu membentuk tumbuhan baru yang identik dengan tumbuhan asal jaringan tersebut di dapatkan.

Sel - sel tumbuhan memiliki sifat totipotensi, sehingga memudahkan manusia untuk menciptakan bibit - bibit baru melalui kultur dalam jumlah banyak dan waktu yang tidak terlalu lama dengan sifat tanaman sesuai dengan yang dikehendaki.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel