Organ Pada Tumbuhan (Organ Batang Pada Tumbuhan) Serta Fungsinya

Organ Pada Tumbuhan (Organ Batang Pada Tumbuhan) Serta Fungsinya - Organ batang pada tumbuhan terdiri atas epidermis, korteks dan silinder pusat atau stele, Epidermis batang terletak dibagian luar batang, biasanya disusum oleh pelapis sel yang mempunyai kutikula.
Korteks batang disusun oleh sel - sel parenkim, biasanya mengandung kloroplas dan memiliki ruang antarsel yang nyata, Daerah bagian tepi korteks yang berbatasan dengan epidermis seringkali disusun oleh sel kolenkim atau skelerenkim.

Silinder pusat terdiri atas jaringan atau berkas pengangkut dan empulur. Pada batang tumbuhan monokotil, berkas pembuluh tersebar. Pada monokotil tidak terdapat kambium sehingga pada tumbuhan monokotil, pertumbuhan sekunder tidak terjadi atau jarang terjadi. Korteks dan silinder pusat pada tumbuhan monokotil tidak dapat dibedakan secara jelas.

Pada tumbuhan dikotil, berkas pembuluh darah tersusun dalam suatu lingkaran, sehingga korteks terdapat dibagian luar lingkaran empulur dibagian dalam lingkaran. Pada tumbuhan dikotil ini, xilem tersusun di bagian dalam lingkaran.

Organ Pada Tumbuhan (Organ Batang Pada Tumbuhan) Serta Fungsinya

Di antara xilem dan floem terdapat kambium yang menyebabkan pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dikotil, Kambium merupakan jaringan meristem lateral yang berfungsi dalam pertumbuhan sekunder. Dua macam kambium yang menghasilkan jaringan sekunder tumbuhan dikotil, yaitu kambium pembuluh darah dan kambium gabus.

Kambium pembuluh atau "vascular cambium" merupakan kambium yang menghasilkan xilem sekunder atau kayu ke arah dalam dan floem sekunder ke arah luar.

Kambium gabus atau "cork cambium" merupakan kambium yang menghasilkan suatu penutup keras dan tebal yang menggantikan epidermis pada batang dan akar.

Empulur batang tersusun atas jaringan parenkim yang mungkin mengandung kloroplas. Empulur mempunyai ruang antarsel yang nyata dan tersusun atas perikambium yang disebut dengan perisikel.

Perikambium dibatasi oleh floem primer di sebelah dalam dan endodermis disebelah luarnya. jari - jari empulur berupa pita radier yang terdiri atas sederet sel, mulai dari empulur sampai dengan floem. 

Fungsi utamanya adalah melangsungkan pengangkutan makanan ke arah radial. Pada tumbuhan dikotil, jari- jari empulur tampak berupa garis - garis halus yang membentuk lingkaran tahun.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel