Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Ikan

Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Ikan -  Organ Pencernaan pada vertebrata meliputi saluran pencernaan (tractus digestivus) dan kelenjar pencernaan (glandula digestoria). 
  • Sistem Pencernaan pada ikan 
Saluran pencernaan pada ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris). Di dalam rongga mulut ikan terdapat gigi - gigi kecil berbentuk kerucut dan lidah. Gigi kecil ikan terletak pada geraham bawah, sedangkan lidah ikan terletak pada dasar mulutnya. Lidah pada ikan digerakan dan menghasilkan banyak lendir, tetapi tidak menghasilkan cairan ludah (enzim).

Pada ikan, Makanan masuk melalui rongga mulut. Dari rongga mulut, makanan masuk ke esofagus melalui faring yang terdapat di daerah insang. Esofagus pada ikan berbentuk kerucut pendek dan berada dibelakang insang. Bila dilalui makanan, lumen esofagus akan menyempit.

Dari esofagus, makanan di dorong masuk ke lambung. Lambung pada ikan umumnya membesar dan tidak jelas batasnya dengan usus. Beberapa jenis ikan memiliki tonjolan buntu pada lambungnya, makanan masuk ke usus yang pipa panjangnya berkelok- kelok dan sama besarnya. Usus tersebut bermuara pada anus.

Sistem Pencernaan Vertebrata Pencernaan Ikan

Kantung empedu pada ikan berbentuk bulat, berwarna kehijauan, terletak di sebelah kanan hati dan saluranya bermuara pada lambung. Kantung empedu berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan empedu dan menyalurkan cairan empedu ke usus bila diperlukan.

Pankreas pada ikan merupakan organ yang berukuran mikroskopik sehingga sukar dikenali. Pankreas pada ikan berfungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan dan hormon insulin. Sistem pencernaan pada ikan seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel