Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan Tingkat Tinggi Vertebrata

Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan Tingkat Tinggi Vertebrata - Setiap makhluk hidup membutuhkan energi bagi kelangsungan hidupnya. Energi tersebut diperoleh dari serangkaian reaksi biokimia dalam sel tubuh yang diatur oleh suatu sistem pernapasan .

Fungsi utama pernapasan adalah menyediakan oksigen yang disalurkan ke sel - sel dalam tubuh oleh darah dan membawa karbondioksida menuju organ pernapasan. 

Bagaimana oksigen dari udara luar yang kita hirup dapat diserap oleh tubuh, kemudian dimanfaatkan untuk proses pembentukan energi yang sangat berguna bagi hidup kita. Berikut ini pernapasan pada manusia dan hewan yang mencakup alat - alat dan mekanisme pernapasan.

Ketika kita bernapas maka kita masukan gas oksigen O₂ dan melepaskan gas karbondioksida CO₂ dan uap air. 

Sistem pernapasan terdiri atas berbagai macam alat pernapasan. Alat pernapasan yang dimiliki makhluk hidup berbeda - beda, tergantung pada makhluk hidup itu.
Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan Tingkat Tinggi Vertebrata
Semakin kompleks makhluk hidup tersebut maka semakin kompleks pula alat pernapasanya. Proses pernapasan pada hewan tingkat tinggi seperti pada vertebrata dilakukan dengan alat pernapasan yang khusus.

Adapun alat - alat pernapasan pada vertebrata meliputi paru - paru, insang dan kulit, sedangkan alat pernapasan pada hewan tingkat rendah umumnya dilakukan secara langsung melalui proses difusi.

Meskipun demikian ada beberapa hewan tingkat rendah yang memiliki alat pernapasan sederhana, seperti serangga yang bernafas menggunakan paru- paru buku atau sistem trakea.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel