Kanker Paru - Paru, Salesma Dan Influenza (Kelainan Dan Penyakit Pada Pernapasan)

Kanker Paru - Paru, Salesma Dan Influenza (Kelainan Dan Penyakit Pada Pernapasan) - Kanker Paru - Paru merupakan penyakit pernapasan yang dapat disebabkan oleh polusi udara. Bahan pencemar atau polution penyebab kanker paru - paru pada umumnya adalah asap rokok, debu atau asap yang berhubungan dengan pekerjaan, misalnya asbes, krom, nikel, gas beracun, eter dan asap batu - bara.

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker paru - paru, Pada perokok aktif, kemungkinan terkena kanker paru - paru adalah 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bukan perokok.
Pada penderita kanker paru - paru sel kanker menyebar dipermukaan bronkus dan menjalar (metastasis) ke bagian tubuh yang lain, seperti pada otak, hati dan tulang. Seperti yang tampak pada gambar gejala penyakit ini berupa batuk yang kronis dengan dahak yang berdarah dan napas sering berbunyi karena adanya penyumbatan dan infeksi.

Kanker Paru - Paru, Salesma Dan Influenza (Kelainan Dan Penyakit Pada Pernapasan)

Salesma
Salesma merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis virus yang menginfeksi saluran pernapasan, terutama saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, faring, laring dan bronkus.

Masa inkubasi penyakit ini biasanya antara 1- 3 hari, Gejala penyakit ini berupa lesu, pilek dan sakit pada tenggorokan, Suhu tubuh biasanya normal, kecuali pada anak - anak suhu tubuh dapat meningkat sekitar 38- 39 derajat celcius.

Penularan penyakit ini dapat melalui udara pernapasan yang dipicu oleh batuk, bersin dan percikan ludah penderita. Penularan juga dapat melalui kontak dari tangan yang terkontaminasi ke hidung, misalnya sewaktu memegang uang yang berasal dari penderita salesma.

Influenza
Influenza merupakan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus RNA seperti Paramyxovirus. Gejalanya berupa demam tinggi sekitar 39- 39 derajat celcius, sakit kepala, pegal linu dan lesu.

Gejala batuk pilek mula - mula sedikit, kemudian bertambah. Masa inkubasi influenza biasanya 2 hari. Influensa akan sembuh dalam 3- 5 hari bila tanpa kompilasi, tetapi dapat menimbulkan kematian bila diikuti dengan penyakit yang lebih serius. Influenza merupakan penyakit endemik dan pandemik yang dapat menyerang manusia dalam lingkungan benua.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel