Kelainan Dan penyakit Pada Sistem Pernapasan Sinusitis, Pneumonia Dan TBC (Tuberculosis)

Kelainan Dan penyakit Pada Sistem Pernapasan Sinusitis, Pneumonia Dan TBC (Tuberculosis) - SARS dan Flu Burung , akhir- akhir ini mungkin kalian pernah mendengar jenis infeksi saluran yang sangat ganas dan telah banyak merenggut banyak jiwa, yaitu penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan flu burung. Kedua penyakit ini sama disebabkan oleh serangan virus sejenis virus influensa yang sangat mematikan.

SARS disebabkan oleh strain virus baru coronavirus, keluarga virus yang bersifat menular yang biasanya menyerang pernapasan atas. Peneliti Hongkong mengusulkan nama untuk virus tersebut corona virus peneumonia (CVP).

Penyakit ini ditandai dengan demam sekitar 38 derajat celcius, kadang juga menggigil, sakit kepala, dan perasaan lesu serta nyeri tubuh.
Pada awalnya, mungkin terjadi gangguan pernapasan ringan. Setelah 3-7 hari, penderita mungkin mengalami batuk ringan tidak berdahak yang lama - kelamaan menimbulkan kekurangan oksigen dalam darah.

SARS dapat ditularkan melalui percikan ludah yang menyembur ketika bercakap- cakap dengan penderita atau batuk dan bersin. Selain itu, penularan diduga juga dapat terjadi melalui kontak sentuhan pada waktu menekan tombol lift atau memegang pegangan pintu yang telah tercemar virus penyebab SARS.

Kelainan Dan penyakit Pada Sistem Pernapasan Sinusitis, Pneumonia Dan TBC (Tuberculosis)

Flu burung (avian influenza) disebabkan oleh virus "orthomyxoviride" tipe A H5N1 dan H7N7. Virus tersebut merupakan salah satu tipe virus influenza. Di Indonesia, sumber penularan penyakit flu burung, baik pada unggas maupun manusia adalah cairan saluran pernapasan dan fases unggas yang menderita penyakit. Penularan penyakit ini terutama saluran pernapasan.
  • Sinusitis
Sinusitis terjadi akibat peradangan pada sinus paranasalis (sinus rongga hidung). Gejalanya berupa hidung tersumbat, ingus berbau dan warna kuning kehijauan, serta sakit daerah sinus yang terserang.
  • Pneumonia
Pneumonia merupakan peradangan pada aveolus paru- paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi berbagai macam mikroorganisme yang menyebabkan alveolus dipenuhi oleh cairan dan sel yang meradang. Hal ini menyebabkan terganggunya pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Gejala penyakit ini dapat berupa demam, sakit pada dada, batuk, sesak napas dan dahak dengan warna seperti karat.
  • TBC (Tuberculosis)
TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri (Mycobacterium Tuberculosis) pada jaringan paru - paru. Penyakit ini dapat ditularkan melalui udara pernapasan. Bakteri penyebab TBC masuk melalui saluran pernapasan, kemudian merusak jaringan paru- paru dan mengakibatkan paru- paru menjadi berongga.

Gizi yang buruk, usia lanjut, kondisi lingkungan kotor dan kondisi sosial ekonomi yang rendah merupakan faktor pemicu terjadinya TBC. Gejala penyakit ini berupa penurunan berat badan secara drastis, lesu batuk berdahak yang disertai darah, sesak napas, sakit dada, dan sering berkeringat di malam hari.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel