Kelainan Penyakit Pada Sistem Pernapasan Bronkitis Dan Asma

Kelainan Penyakit Pada Sistem Pernapasan Bronkitis Dan Asma - Bronkitis adalah peradangan pada bronkus atau bronkiolus. Bronkitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Proses peradangan terjadi di mukosa atau submukosa yang menimbulkan produksi lendir berlebih disertai pengelupasan sel yang mati dan pengeluaran leukosit. 

Semua ini akan menjadi dahak yang merangsang ujung saraf pada bronkus sehingga secara refleks timbul batuk - batuk untuk mengeluarkan dahak. Asap rokok dan debu dapat merangsang dan merusak mukosa bronkus sehingga lebih memudahkan terjadinya bronkitis.
  • Asma
Asma merupakan gangguan pada sistem pernapasan karena reaksi saluran pernapasan terhadap suatu rangsangan yang khas. Rangsangan yang khas tersebut dapat berupa kelainan otot polos pada bronkus dan bronkiolus yang ditambah dengan adanya peradangan dan sekresi lendir yang berlebih dari lapisan mukosa saluran pernapasan.

Dengan demikian jalan napas penderita asma akan mengalami sesak napas dan berusaha bernapas dalam - dalam sehingga menimbulkan bunyi yang khas. 

Bunyi napas pada penderita asma tersebut dihasilkan ketika udara yang mengalir menuju paru - paru menggetarkan lendir pada bronkus yang telah menyempit.

Kelainan Penyakit Pada Sistem Pernapasan Bronkitis Dan Asma

Beberapa rangsangan yang dapat menimbulkan serangan asma diantaranya adalah alergen yang terbawa udara, misalnya debu rumah, serbuk sari bunga, spora jamur, bulu binatang atau berupa makanan, seperti seafood dan obat-  obatan.

Selain itu, asma juga dapat disebabkan adanya infeksi saluran pernapasan  oleh virus atau bakteri. Di samping itu, udara dingin, olah raga dan kondisi emosi yang tidak stabil (stres) juga dapat merangsang timbulnya asma.

Untuk mengatasi gangguan pernapasan pada penderita asma tergantung pada kondisi penderita, dapat juga berupa pemberian pencair dahak (ekpektoran) antibiotik, penggunaan inhaler dan pemberian oksigen.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel