Pernapasan Hewan Dan Sistem Pernapasan Serangga Serta Kalajengking (laba- laba)

Pernapasan Hewan Dan Sistem Pernapasan Serangga Serta Kalajengking (laba- laba) - Sistem Pernapasan serangga, alat pernapasan pada hewan yang termasuk serangga serta jenis antropoda lainya, adalah dengan menggunakan pembuluh trakea. Pembuluh trakea bermuara pada lubang kecil yang ada dikerangka luar yang disebut spirakel.

Spirakel berupa pembuluh silindris yang berlapis zat kitin dan terletak berpasangan pada setiap segmen tubuh, seperti yang tampak pada gambar. 

Spirakel memiliki katup yang dikontrol oleh otot sehingga membuka dan menutupnya spirakel terjadi secara teratur. Pada umumnya, spirakel terbuka selama serangga terbang, dan tertutup saat serangga beristirahat.

Sistem Pernapasan Terjadi bila oksigen dari luar masuk lewat spirakel. Selanjutnya, oksigen dari spirakel akan menuju pembuluh trakea, lalu menuju ke cabang pembuluh trakea yang lebih halus yang disebut "trakeolus.

Pernapasan Hewan Dan Sistem Pernapasan Serangga Serta Kalajengking (Laba- laba)

Dengan demikian oksigen dapat mencapai seluruh sel dan jaringan di dalam tubuhnya. Trakeolus tidak berlapis kitin, berisi cairan, dan bentuk oleh sel yang disebut trakeoblas. 

Pertukaran gas terjadi antara trakeolus dengan sel tubuh. Trakeolus ini mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler pada sistem pengangkutan (transportasi) pada vertebrata.

Sistem trakea berfungsi mengangkut O₂ dan mengedarkanya ke seluruh tubuh dan juga mengangkut CO₂ hasil respirasi untuk dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian, pengangkutan oksigen dan karbondioksida pada serangga tidak dilakukan oleh darah. Darah pada serangga hanya mengangkut sari- sari makanan.
Sistem Pernapasan Kalajengking dan Laba- laba

Serangga air tertentu mempunyai gelembung udara sehingga dapat menyelam di air dalam waktu lama. Misalnya, kepik Notonecta sp mempunyai gelembung udara pada organ yang menyerupai rambut dibagian permukaan ventralnya.

Selama menyelam, O₂ dalam gelembung dipindahkan melalui sistem trakea ke sel pernapasan. Selain itu, ada pula serangga yang mempunyai insang trakea yang berfungsi menyerap udara dari air, atau mengambil udara melalui cabang halus yang mirip insang. Selanjutnya, dari cabang halus ini oksigen diedarkan melalui pembuluh trakea.

Kalajengking dan laba - laba besar kelompok Archnida yang biasanya hidup didarat memiliki alat pernapasan berupa paru - paru buku, sedangkan kelompok hewan ini yang hidup di air bernapas dengan insang buku.

Paru - paru buku berupa gulungan yang berasal dari invaginasi atau lipatan perut. Setiap paru- paru buku memiliki lembaran tipis atau lamela yang tersusun berjajar. 

Pada paru - paru buku juga terdapat spirakel yang merupakan jalan masuk oksigen dari luar. Keluar masuknya udara disebabkan oleh gerakan otot yang terjadi secara teratur. Baik paru - paru buku maupun insang buku, keduanya mempunyai fungsi yang sama seperti fungsi paru - paru pada vertebrata.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel