Cara Manusia Mempertahankan Kelangsungan Hidup Dan Keturunanya (Kesehatan Lingkungan)

Cara Manusia Mempertahankan Kelangsungan Hidup Dan Keturunanya (Kesehatan Lingkungan) - Dalam rangka mempertahankan kelangsungan keturunanya, setiap makhluk hidup pada umumnya menempuh dua cara yaitu :

a. Melakukan reproduksi sebanyak - banyaknya dengan tujuan untuk menggantikan yang punah akibat kematian. 
b. Melakukan adaptasi atau menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan di mana mereka hidup. 

Demikian pula halnya manusia. Sebagian makhluk hidup sederajat paling tinggi, manusia juga berusaha menjaga kelangsungan hidup keturunanya. Tetapi berbeda dengan makhluk - makhluk lain yang umumnya memilih cara kedua. 

Hal ini paling jelas tampak pada bangsa yang sudah maju, di mana penduduk cenderung untuk mengurangi jumlah anak. Hal ini juga dapat kita lihat di negara kita dengan digalakanya program KB. Jadi, orang tidak lagi mengadakan reproduksi sebanyak - banyaknya. 

Dengan akal dan budidayanya, manusia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan hanya agar dapat beradaptasi dengan lingkunganya dengan baik, tetapi juga agar untuk memodifikasi berbagai faktor lingkungan sedemikian rupa sehingga menguntungkan dirinya, artinya semakin menolong dirinya untuk mempertahankan hidup. 

Dalam rangka menciptakan keadaan lingkungan yang baik, yang dapat menunjang kehidupan dan atau kesehatan, pada saat ini telah banyak usaha dilakukan manusia. 

Bersamaan dengan itu telah dikembangkan berbagai disiplin ilmu yang memusatkan perhatianya pada masalah lingkungan, misalnya ilmu kesehatan lingkungan.
Demikian Cara Manusia Mempertahankan Kelangsungan Hidup Dan Keturunanya (Kesehatan Lingkungan) semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel