Ilmu Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan

Ilmu Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan - Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan ilmu kesehatan lingkungan  dan kesehatan lingkungan? Telah banyak definisi yang diberikan orang tentang ilmu kesehatan lingkungan.

Dari berbagai definisi itu bila ditarik kesimpulan, maka yang dimaksud dengan ilmu kesehatan lingkungan adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari ilmu kesehatan masyarakat yang menitikberatkan perhatianya pada perencanaan, pengorganisasian, pegarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penilaian dari semua faktor yang ada pada lingkungan manusia yang diperkirakan ada hubungan atau berhubungan dengan perkembangan fisik, kesehatan maupun kelangsungan hidup manusia, sedemikian rupa sehingga derajat kesehatan dapat lebih ditingkatkan.

Sedang yang dimaksud dengan kesehatan lingkungan adalah hubungan  timbal balik antara manusia dengan lingkungan yang berakibat atau mempengaruhi derajat kesehatan manusia.

Kesehatan lingkungan meliputi sanitasi dan higiene. Sanitasi adalah pembinaan dan pemeliharaan kebersihan dan kesehatan lingkungan, guna menunjang pemeliharaan dan pembinaan kesehatan manusia, atau lebih dikenal dengan sanitasi lingkungan. Sanitasi lingkungan belum cukup untuk memelihara kesehatan manusia, sebab manusia harus menjaga dan memelihara kebersihan dirinya sendiri.

Higiene berarti pemeliharaan dan pembinaan kebersihan kebersihan jasmani dan barang - barang yang sangat erat hubunganya dengan kebersihan jasmani. Oleh karena itu, sering kita jumpai istilah - istilah seperti higiene pribadi, higiene makanan, higiene, mulut, higiene kamar mandi dan lain sebagainya.

Secara garis besarnya perbedaan antara higiene dan sanitasi adalah higiene lebih mengarahkan aktivitasnya kepada manusia (individu ataupun masyarakat), sedangkan sanitasi lebih menitikberatkan  pada faktor - faktor lingkungan hidup manusia. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

Orang dapat dikatakan sehat secara sempurna bila jasmaninya sehat mentalnya sehat dan sehat pula lingkungan sosialnya. Hal ini dapat dicapai bila manusia selalu menjaga kesehatan pribadi, sosial maupun lingkunganya.
Sehat atau tidaknya seseorang sangat tergantung dari ada tidaknya suatu proses dinamis yang merupakan hubungan timbal balik antara tiga faktor yang memegang peranan penting. Ketiga faktor itu adalah :

a. Faktor lingkungan (enviroment)
b. Adanya vektor atau inang perantara
c. Adanya bibit penyakit.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi, perhatian untuk kesehatan juga semakin besar. Telah diupayakan berbagai usaha manusia untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan lingkungan, antara lain :

1. Pemberantasan sumber penyakit menular, dengan jalan :
   a. Mengobati penderita penyakit atau membebaskan kuman penyakit pada pembawa bibit penyakit.
   b. Menghilangkan vektor.

2. Peningkatan taraf hidup rakyat sehingga mereka dapat memperbaiki dan memelihara kesehatan melalui :

    a. Penerangan dan perbaikan gizi.
    b. Pengawasan terhadap penyebaran, dan penggunaan obat - obatan dan makanan.

3. Peningkatan daya tahan tubuh manusia dan pengetahuan masyarakat mengenai prinsip - prinsip kesehatan perseorangan. Peningkatan daya tahan tubuh manusia dapat ditempuh dengan cara :

    a. Peningkatan gizi masyarakat.
    b. Pengadaan vaksinasi/ imunisasi/ kekebalan.
Demikian Ilmu Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel