Jaringan Penguat/ Penyokong, Jaringan Lemak Pada Hewan Dan Manusia

Jaringan Penguat/ Penyokong, Jaringan Lemak Pada Hewan Dan Manusia - Yang termasuk jaringan penguat (penunjang) adalah jaringan ikat, jaringan tulang, jaringan tulang rawan serta jaringan darah dan getah bening yang merupakan jaringan ikat istimewa. 

a. Jaringan Ikat. Yaitu jaringan yang tersusun atas sel -sel yang tidak begitu rapat, dan diantaranya terdapat matriks atau zat sela.Bila matriksnya longgar, maka jaringan itu disebut jaringan ikat longgar. Bila matriksnya rapat dan sedikit mempunyai lubang yang sempit, maka disebut jaringan ikat padat.

Jaringan Penguat/ Penyokong, Jaringan Lemak Pada Hewan Dan Manusia
b. Jaringan Tulang. Tersusun atas sel - sel tulang atau osteon. Matriksnya banyak mengandung zat perekat kolagen dan zat kapur CaCO₃ yang menyebabkan tulang menjadi keras.
Berdasarkan susunan matriksnya, jaringan tulang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 

1. Jaringan tulang kompak/ keras, yaitu apabila matriksnya rapat.
2. Jaringan tulang spons/ Spongiosa atau tulang karang, yaitu apabila matriksnya berongga. 

c. Jaringan tulang rawan atau kartilago. Terdiri atas sel - sel yang banyak mengeluarkan matriks atau zat sela yang disebut kondrin. Jaringan tulang rawan pada anak berasal dari jaringan ikat embrional (mesenkim).

Jaringan Penguat/ Penyokong, Jaringan Lemak Pada Hewan Dan Manusia

Sedangkan tulang rawan pada orang dewasa dibentuk oleh selaput rawan (Perinkondrium) yang banyak mengandung sel membentuk tulang rawan atau kondroblast. Jaringan tulang rawan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu : 

1. Kartilago Hialin. Apabila matriksnya jernih dan transparan, Contohnya antara lain terdapat pada ujung tulang rusuk  yang melekat pada tulang dada dan pada cincin tulang rawan pada trakea. 

2. Kartilago elastis. Apabila matriksnya sedikit keruh kekuning - kuningan serta banyak mengandung serabut kolagen yang berstruktur jala. Contohnya antara lain: pada dinding saluran telinga dan pada daun telinga

3. Kartilago fibrosa.  Apabila matriksnya keruh dan gelap, serta serabut kolagenya membentuk satu berkas dan tersusun sejajar. Contohnya antara lain terdapat pada perlekatan ligamen - ligamen tertentu ke tulang. 

d. Jaringan darah dan getah bening
Jaringan darah dan getah bening dianggap sebagai jaringan penguat istimewa. Terdiri atas sel - sel darah yang terendam di dalam suatu cairan yang dianggap sebagai matriksnya. 

Jaringan Lemak
Terdiri atas sel - sel lemak yang berisi tetes - tetes lemak. Umumnya terdapat dibawah kulit yang berfungsi sebagai bantalan lemak, juga merupakan cadangan lemak dan berfungsi sebagai pelindung jaringan - jaringan di dalamnya.
Demikian Jaringan Penguat/ Penyokong Pada Hewan Dan Manusia semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel