Masalah Kotoran Manusia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan)

Masalah Kotoran Manusia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan) - Sebagai akibat dari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, terjadilah pemisahan dan pembuangan zat sisa yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh, seperti tinja (feses) dan air seni (urine). Pembuangan kedua jenis kotoran itu perlu mendapat perhatian. 

Sebab, jika pembuanganya tidak baik, dapat mencemari lingkungan. Bahkan, kadang kala kotoran manusia dapat menjadi sumber penularan penyakit dengan perantaraan lalat. Tempat pembuangan kotoran manusia biasa dikenal dengan kakus.

Dalam membuat kakus yang baik harus dipenuhi beberapa syarat antara lain : 

a. Harus ditutup, artinya bangunan tersebut harus terlindung dari pandangan orang lain, serta terlindung dari panas matahari dan hujan. 

b. Harus ditempatkan pada lokasi yang tidak mengganggu pandangan, tidak menimbulkan bau, dan tidak menjadi tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai binatang yang dapat menyebarkan penyakit. 

c. Harus mempunyai lantai dan tempat pijakan yang kuat. 
d. Sebaiknya dilengkapi dengan alat pembersih, seperti : air, kertas tissue dan lain - lain. 

Bagan Kakus Ideal 

Masalah Kotoran Manusia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan)


Berikut ini macam - macam bentuk kakus, yaitu : 

a. Kakus Cubluk, merupakan kakus tempat penampungan tinja yang dibangun di bawah tempat injkan atau dibawah bangunan kakus. Dikenal ada dua bentuk kakus cubluk, yaitu cubluk kering dan cubluk berair. Kakus model ini banyak ditemukan dipedesaan dan cocok hanya oada daerah yang bersumber air tanahnya dalam. 

b. Kakus Empang, yaitu kakus yang dapat dibuat diatas sungai, parit, kolam dan sebagainya. Jenis ini sama sekali tidak memenuhi syarat kesehatan, sebab dapat mencemari air permukaan. 

c. Kakus Kimia, jenis ini banyak dijumpai di tempat - tempat rekreasi atau pada kendaraan (kereta api, bus, pesawat). Pada jenis ini tinja didesinfektan dengan zat kimia. 

d. Kakus leher angsa (Water Sealed Latrine), merupakan kakus dimana leher lubang kakus berbentuk leher angsa (melengkung) sehingga akan selalu terisi air yang berfungsi untuk mencegah timbulnya bau dan masuknya binatang kecil. Kakus semacam ini biasa dilengkapi dengan septic tank atau sumur penampung. Kakus model ini merupakan kakus yang paling baik. 

Demikian Masalah Kotoran Manusia (Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan) semoga bermnfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel