Cara Mengamati Struktur Jaringan Akar

Cara Kerja Pengamatan Struktur Jaringan Akar - Berikut ini langkah - langkah untuk pengamatan struktur jaringan akar. 

Alat Dan Bahan : 

Akar tanaman dikotil dan monokotil muda, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, air/aquades, reagen anilin sulfat, preparat sayatan melintang akar monokotil dan dikotil. 

Cara Kerja : 

1. Siapkan potongan akar tanaman dikotil dan monokotil muda yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar sekolah atau rumah. 

2. Siapkan pula kaca objek dan kaca penutup, kemudian teteskan setetes air di atas kaca objek tersebut.

3. Buatlah sayatan melintang dari potongan akar tersebut dengan menggunakan silet sebaik mungkin, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. 

4. Letakan sayatan potongan akar tersebut diatas kaca objek yang telah ditetesi air tadi, kemudian teteskan 2- 3 tetes reagen anilin sulfat sampai menutupi seluruh potongan. Selanjutnya tutup dengan kaca penutup secara hati - hati. Usahakan jangan sampai timbul gelembung udara. 

5. Tempatkan sediaan mikroskopik yang kalian buat pada meja mikroskop, periksalah mulai dari pembesaran rendah (40x), kemudian lanjutkan ke pembesaran 100x. Amati bagian - bagian struktur jaringan akar yang kalian buat, Tunjukan bagian epidermis, korteks dan silinder pusat. 

6. Bandingkan preparat yang kalian buat dengan preparat permanen sayatan melintang akar yang tersedia di laboratorium. Kemudian gambarkan susunan dan letakan jaringan pada preparat akar tersebut. 

7. Gambarlah preparat yang kalian amati dan beri keterangan yang jelas. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel