Pengaruh Cairan Lingkungan Eksternal Sel Terhadap Sel - Sel Penyusun Jaringan

Alat dan Bahan :
Neraca analitik (manual atau digital); pisau atau cuter, umbi kentang segar (3 - 5) buah; penggaris atau mistar ukuran 30 cm; kertas isap; aluminium foil; larutan gula dengan konsentrasi 2%, 4%, 6% dan 8%; larutan garam masing - masing dengan konsentrasi 2%, 4%, 6% dan 8%; aquades; gelas beker ukuran 100 ml (5 buah); dan alat tulis. 

Cara Kerja : 

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang! Dari kelompok yang ada bagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 menggunakan larutan gula, sedangkan kelompok 2 menggunakan larutan garam. 

2. Buatlah larutan gula atau garam 2%, 4%, 6% dan 8%. Larutan tersebut dibuat dengan cara melarutkan 2, 4, 6 dan 8 gram gula atau garam 100 ml aquades. Tampung larutan yang telah dibuat ke dalam wadah yang telah disediakan dan beri label. 

3. Siapkan 5 buah gelas beker untuk setiap kelompok. Isi 4 buah gelas beker masing - masing dengan larutan gula atau garam dengan konsentrasi yang berbeda 2%, 4%, 6% dan 8%. Isi 1 gelas beker yang tersisa dengan aquades. Beri label pada kelima gelas beker tersebut. 

4. Kupas tentang dan cuci sampai bersih. Potong kentang bentuk dadu ukuran 1 Cm³. Buatlah sebanyak 10 buah dan bagi menjadi 5 bagian. Kemudian, setiap bagian yang terdiri atas 2 potong irisan kentang ditimbang dengan timbangan analitik dan catat berat kentang sebelum dimasukan pada masing - masing larutan (berat awal). 

Ingat jangan sampai kentang yang telah ditimbang tertukar untuk dimasukan ke dalam larutan yang berbeda. Gunakan alas alumunium foil untuk menimbang irisan kentang. Dengan demikian, alas yang digunakan untuk menimbang irisan kentang tersebut harus ditimbang dulu beratnya sebelum digunakan, sedangkan berat irisan kentang merupakan berat total kentang dengan aluminium foil yang digunakan dikurangi berat aluminium foil. 

5. Masukan kentang yang telah ditimbnag ke dalam masing - masing larutan yang telah disediakan selama 30 menit. 

6. Setelah 30 menit, angkat setiap kentang kemudian letakan di atas kertas isap untuk menyerap kelebihan air yang ada di luar. 

7. Timbang masing - masing kentang tersebut untuk mendapatkan berat akhir dan catat hasilnya. 

8. Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel seperti contoh tabel berikut ini! Dan buatlah laporan tertulis hasil pengamatan kalian!

Pengaruh Cairan Lingkungan Eksternal Sel Terhadap Sel - Sel penyusun Jaringan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel