Cara Menghindari Batu Ginjal

Cara Menghindari Batu Ginjal - Hingga saat ini telah ditemukan berbagai cara untuk menangani kelainan yang berupa batu ginjal. Walaupun peningkatan - peningkatan dalam mengobati batu ginjal terus berlangsung, tentunya lebih baik bila kita menghindari sejak awal. Beberapa cara untuk mencegah terjadinya batu ginjal dalam tubuh kita adalah sebagai berikut. 

1. Banyak Minum Air Putih
Menambah masuknya cairan ke dalam tubuh adalah langkah pertama untuk tetap bebas dari sakit ginjal, minimum 12 gelas setiap harinya. Cairan bentuk apapun dapat diminum, seperti air, jus, soda, kopi, dan teh. Bagi orang yang mempunyai kadar asam urat tinggi sebaiknya menghindari teh dan kalsium susu. 

2. Memeriksa cairan yang keluar tubuh setiap hari
Dokter menyarankan agar selalu melihat banyaknya cairan yang dikeluarkan tubuh setiap harinya. Jika cairan yang dikeluarkan dalam 1 hari di bawah 1.000 ml, keadaan ini akan membahayakan kesehatan ginjal. 

3. Kurangi Produk Susu
Sejauh ini, batu ginjal yang paling biasa adalah yang dibentuk oleh kalsium (kalsium oksalat atau kalsium fosfat). Bila sering menggunakan produk - produk supelemen untuk menguatkan tulang, kemungkinan besar dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal. 

Produk - produk dari susu merupakan sumber kalsium terbesar. Batasi konsumsi mentega dan keju yang banyak mengandung kalsium dan merupakan sumber lemak yang tidak baik bagi kesehatan jantung. 

4. Jangan menggunakan obat pereda sakit perut antasida
Antasida atau obat pereda sakit perut yang dijual dipasaran, kebanyakan mengandung kalsium. 

5. Kurangi mengkonsumsi produk daging
Penderita batu ginjal jenis asam urat biasanya banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Oleh karena itu, bagi orang yang beresiko tinggi terkena batu ginjal sebaiknya mengurangi pemasukan protein hewani. 

6. Kurangi garam oksalat
Mengonsumsi buah - buahan dan sayuran akan memberikan vitamin dan mineral bagi tubuh, tetapi beberapa jenis makanan ini juga dapat memberikan oksalat bagi tubuh. 

Oleh karena itu, bagi orang yang beresiko tinggi terkena batu ginjal sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung oksalat, seperti teh, cola, coklat, kacang, jeruk dan bayam. 

7. Perbanyak vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Bahan - bahan yang banyak mengandung vitamin A ini adalah ubi manis, brokoli, labu dan wortel. namun, harus diingat jika tubuh kita kelebihan vitamin A maka dapat mengakibatkan keracunan karena tubuh tidak dapat membuang kelebihan vitamin A ini. 

8. Perbanyak Vitamin B
Para ilmuwan menemukan vitamin B₆ dapat menurunkan kadar oksalat dalam darah sehingga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. 

9. Kurangi vitamin C
Vitamin C dalam dosis tinggi atau lebih dari 3000 mg/hari dapat menjadi masalah potensial bagi orang yang beresiko tinggi terkena batu ginjal. Hal ini karena vitamin C akan di ubah menjadi oksalat di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, orang yang beresiko terkena batu ginjal sebaiknya menjauh dari suplemen - suplemen yang mengandung vitamin C. 

10. Olahraga Secara teratur
Salah satu keuntungan dari olah raga teratur adalah membuka jalan bagi kalsium untuk keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam tulang. Hasilnya, tulang menjadi lebih kuat dan mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal. 

11. Kurangi konsumsi garam
Batu ginjal dan konsumsi garam sangat erat hubunganya. Konsumsi garam yang wajar adalah sebanyak 2 gram per hari.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel