Ciri - Ciri Umum Dan Klasifikasi Filum Mollusca

Ciri - Ciri Umum Dan Klasifikasi Filum Mollusca - Molusca tersebar di luas bumi ini. Ada yang hidup di laut ada yang di air tawar, dan ada pula yang di darat. 

Tubuhnya lunak tidak bersegmen. Untuk melindungi tubuhnya yang lunak itu, banyak molusca mempunyai cangkang, misalnya kerang dan siput. Akan tetapi, ada pula yang tidak mempunyai cangkang; misalnya, cumi - cumi. 

Ada bagian tubuh yang disebut kaki yang merupakan alat gerak, baik untuk merayap maupun sebagai senjata untuk menangkap mangsanya. 

Pada dasarnya semua sistem organ pada hewan terdapat juga pada molusca, yaitu sistem - sistem pencernaan, peredaran darah, pernapasan, ekskresi, saraf, otot dan reproduksi. Baca Organ Dan Sistem Organ Pada Hewan Dan Manusia (Macam - Macam Jaringan).

Ciri - Ciri Umum Dan Klasifikasi Filum Mollusca
Jadi, dalam tubuh moluska ini terdapat alat - alat dalam. Di atas dan di sekeliling alat - alat dalam terlihat adanya mantel yang terbuat dari jaring khusus, biasanya dilengkapi dengan kelenjar - kelenjar yang dapat menghasilkan cangkang. 

Kelas - kelas yang termasuk moluska itu satu dengan yang lain amat berbeda sehingga sukarlah bagi kita untuk dapat melukiskan ciri - ciri umum yang berlaku bagi seluruh moluska.

Menurut bentuk atau kedudukan alat geraknya, moluska dapat dibedakan menjadi tiga kelas antara lain sebagai berikut:

Ciri - Ciri Umum Dan Klasifikasi Filum Mollusca


a. Lamellibranchiata, disebut juga Pelecypoda yang mencakup kerang dan sebangsanya.
b. Cephalopoda, yang juga mencakup cumi - cumi dan sebangsanya. 
c. Gastropoda, yang juga  mencakup siput dan sebangsanya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel