Organ Dan Sistem Organ Pada Hewan Dan Manusia (Macam - Macam Jaringan)

Organ Dan Sistem Organ Pada Hewan Dan Manusia (Macam - Macam Jaringan) - Jaringan sebagai suatu organisasi sel belum dapat melaksanakan fungsi yang lebih besar. Oleh sebab itu diperlukan adanya hubungan kerjasama antara jaringan yang satu dengan yang lainya. 

Kumpulan beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh disebut organ atau alat tubuh. Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat beberapa organ. Organ yang satu dengan lainya senantiasa saling menunjang, sehingga terbentuklah sistem organ. 

Organ dan Sistem Organ pada Hewan Dan Manusia
Jaringan embrional pada manusia dan hewan tingkat tinggi lainya terdiri dari tiga lapis, yaitu ektoderm, mesoderm dan endoderm. 

Pada perkembangan lebih lanjut ketiga jaringan itu akan membelah dan menghasilkan berbagai organ tubuh yang berbeda - beda sesuai dengan fungsinya. Proses semacam itu disebut diferensiasi. 

a. Lapisan Ekstoderm. Merupakan lapisan terluar. Lapisan ini akan berdiferensiasi menjadi bermacam - macam jaringan yang selanjutnya akan membentuk organ - organ seperti: otak, sistem saraf spinal, sebagian organ telinga dan sebagian organ mata lain - lainya. 

b. Lapisan mesoderm atau lapisan tengah. Lapisan ini akan berdiferensiasi menjadi bermacam - macam jaringan , yang selanjutnya akan membentuk organ - organ tubuh seperti : otot, rangka, ginjal, alat ekskresi, alat reproduksi, alat peredaran dan lain - lain.

c. Lapisan entoderm. Merupakan lapisan terdalam. Hasil proses lapisan ini adalah bermacam - macam jaringan yang selanjutnya akan membentuk organ tubuh seperti : Organ pencernaan (kerongkongan, lambung, usus, hati dan lain sebagainya.
Seperti telah dikemukakan bahwa organ - organ di dalam tubuh kita tidak dapat bekerja sendiri - sendiri tetapi saling menunjang. Mulut saja tidak dapat melakukan pencernaan kalau tidak ada lambung, usus, dan hati serta kelenjar - kelenjar pencernaan. Organisasi organ tubuh semacam inilah yang disebut sistem organ.

Dalam tubuh manusia dan hewan tingkat tinggi terdapat bermacam - macam sistem organ. Seluruh sistem organ bersama - sama merupakan suatu kesatuan fungsional dalam tubuh makhluk hidup. 

Sistem yang disebutkan di atas tidak selalu harus ada pada setiap jenis makhluk hidup. Makin rendah tingkatanya, makin sederhana sistem organisasinya. Bahkan ada makhluk yang masih sangat sederhana, misalnya pada spons, tidak ditemukan sistem organ.

Demikian Organ Dan Sistem Organ Pada Hewan Dan Manusia (Macam - Macam Jaringan), semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel