Sistem Pencernaan Dan Proses Pencernaan Makanan Di Dalam Tubuh Manusia

Sistem Pencernaan Dan Proses Pencernaan Makanan Di Dalam Tubuh Manusia - Agar makanan dapat dimanfaatkan oleh sel tubuh maka makanan yang kita makan harus dipecahkan dulu menjadi molekul- molekul yang lebih sederhana melalui pencernaan makanan.
Selanjutnya makanan yang sudah berbentuk molekul sederhana tersebut akan mengalami proses penyerapan dalam saluran tubuh untuk dimanfaatkan. Proses pencernaan di dalam tubuh ada dua macam yaitu "pencernaan mekanis" dan pencernaan kimiawi.

Pencernaan mekanis merupakan pemecahan atau penghancuran makanan  secara fisik atau proses pencampuran makanan dengan getah (enzim) pencernaan. Misalnya, gigi memotong dan mengunyah makanan; lidah serta otot- otot lambung dan usus mencampur makanan dengan enzim; dan gerak yang mendorong makanan dari kerongkongan sampai usus halus (gerak peristaltik).

Pencernaan kimiawi merupakan proses pemecahan makanan dari molekul kompleks menjadi molekul - molekul yang sederhana dengan bantuan getah pencernaan (enzim) yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.

Sistem Pencernaan Dan Proses Pencernaan Makanan Di Dalam Tubuh Manusia

Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas alat- alat pencernaan yang berhubungan langsung dengan proses pencernaan mekanis dan kimiawi, saluran pencernaan tersebut meliputi mulut, kerongkongan (esofagus), lambung (gaster), usus halus (intestinum tenue), usus bear (kolon) dan anus seperti yang tampak pada gambar. Kelenjar pencernaan merupakan organ penghasil berbagai enzim yang membantu proses pencernaan makanan.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel