Contoh Kelas Ascomycetes Aspergillus

Contoh Kelas Ascomycetes Aspergillus - Koloni aspergilus biasanya berwarna hitam, abu-abu,kuning sampai coklat, sedangkan susunan konidiumnya berbeda dengan susunan konidium pada Penicillium. Hal ini tampak jelas sekali apabila pengamatan dilakukan dengan mikroskop.
Kadang - kadang dengan kaca pembesar cukup juga untuk melihat perbedaan itu. Di antara aspergillus ini ada yang merugikan dan ada pula yang berguna bagi manusia. Seperti halnya dengan penicillium, Aspergillus pun dapat tumbuh di mana - mana dan dapat merusak makanan, pakaian serta alat rumah tangga. 

Contoh Kelas Ascomycetes Aspergillus
Lagi pula Aspergillus dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan hewan, terutama burung. Tempat - tempat yang lembab dan kurang sinar matahari merupakan tempat tumbuh yang baik bagi aspergillus. Penyakit yang disebabkan aspergillus disebut aspergilosis. 

Aspergillus flavus menghasilkan racun yang dikenal sebagai aflatoksin. Racun ini dapat menyebabkan kematian manusia atau ternak dan banyak disebut - sebut juga dalam hubunganya dengan kanker. Sebaliknya, ada juga aspergillus yang diperlukan manusia untuk meramu makananya. 

Di dalam pembuatan tape di Indonesia dan sake di Jepang diperlukan aspergillus oryzae. Aspergillus wentii tumbuh pada biji - biji kedelai yang disiapkan untuk dijadikan kecap dan tauco.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel