Kelas Flagellata Atau Mastighophora

Kelas Flagellata Atau Mastighophora - Hewan - hewan ini mempunyai bentuk yang telah tetap meskipun tidak mempunyai kerangka luar. Sebagai alat gerak adalah bulu cambuk (flagel atau mastig). Hewan ini ada yang hidup di laut, di air tawar dan ada pula yang hidup sebagai parasit dalam tubuh hewan lain atau manusia. Pembiakan secara vegetatif berlangsung dengan membelah diri.

Kelas Flagellata Atau Mastighophora

Contoh hewan berbulu cambuk yang menimbulkan Euglena (euglene = lubang mata). Euglena banyak hidup di air tawar; besarnya antara 35 sampai 60ยต. Pada ujung tubuhnya yang agak meruncing terdapat satu bulu cambuk dan didekat dasar bulu cambuk ini ada bintik mata yang berwarna merah. 

Tidak semua jenis Euglena mengandung kloroplas. Astasia adalah sejenis Euglena yang tidak berkloroplas sama sekali. Jika di dalam medium tempat ia dipelihara diberikan streptomisin, Euglena yang semula berwarna hijau akan kehilangan warna itu. 

Hilangnya kloroplas dan ditambah dengan diperlukanya sejumlah zat organik tertentu menyebabkan orang cenderung memasukan makhluk ini ke dalam golongan hewan. 

Sebenarnya, dalam jalur evolusi tidaklah mengherankan kalau ada makhluk - makhluk yang berkedudukan demikian itu. Perubahan lingkungan dapat menimbulkan perubahan sifat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel