Beda Antara Sel - Sel Bakteri dan Sel - Sel Protozoa

Beda Antara Sel - Sel Bakteri dan Sel - Sel Protozoa - Antara tumbuhan bersel tunggal dan hewan bersel tunggal ada beberapa persamaan tetapi juga ada beberapa perbedaan. Seringkali orang tidak dapat memutuskan apakah beberapa makhluk hidup bersel tunggal tertentu tergolong ke dalam hewan ataukah tumbuhan.
Hingga sekarang Euglena yang telah disebut - sebut di depan menjadi masalah dalam sistematik hewan dan tumbuh - tumbuhan. Beberapa sarjana memasukan Euglena ke dalam golongan tumbuhan berdasarkan klorofil yang dimilikinya. 

Akan tetapi, ada sarjana yang menganggap Euglena lebih tepat digolongkan ke dalam hewan sebab makhluk ini dapat bergerak aktif, lagi pula ia memerlukan makanan berupa zat organik, di samping kemampuanya melakukan fotosintesis. 
Beda Antara Sel - Sel Bakteri dan Sel - Sel Protozoa
Pada dasarnya perbedaan antara tumbuhan bersel tunggal dan hewan bersel tunggal dapat diikhtisarkan seperti berikut ini:

a. Sel tumbuhan mempunyai bentuk tetap, sedangkan sel hewan mudah berubah - ubah.
b. Dinding sel tumbuhan terdiri dari selulose, tebal dan agak kaku; sel hewan dibatasi oleh membran sel yang kebanyakan terdiri dari protein yang sangat tipis dan lentur.
c. Tumbuhan bersifat autotrof, yaitu dapat menyusun makananya sendiri dari zat anorganik; hewan bersifat heterototrof atau holozoik, yaitu hidup dari zat - zat organik.
d. Hewan bersel tunggal lebih banyak bergerak daripada tumbuhan bersel tunggal

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel