Beberapa Contoh Hewan Berbulu Cambuk

Beberapa Contoh Hewan Berbulu Cambuk - Beberapa Contoh Hewan Berbulu cambuk lainya yang hidup bebas adalah sebagai berikut:

Beberapa Contoh Hewan Berbulu cambuk
Noctiluca Miliaris

a. Noctiluca Miliaris
Hewan ini hidup di laut. Ada dua flagel padanya, yang satu panjang, yang satunya lagi pendek. Sering terdapat simbiosis antara Noctiluca dan macam alga tertentu. Noctiluca menyebabkan laut tampak bercahaya di waktu malam yang gelap. 

b. Volvox Globator
Hewan ini hidup pada air tawar. Volvox ini sebenarnya kumpulan ribuan hewan - hewan bersel tunggal yang masing - masing mempunyai dua flagel. Di dalam Volvox dapat terjadi koloni baru, dan koloni baru ini akhirnya melepaskan diri dari induk koloni. 

Contoh Flagellata yang hidup sebagai parasit pada hewan lain dan manusia Trypanosoma. Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiense hidup dalam plasma darah dan menyebabkan penyakit tidur pada manusia. 

Penyakit ini semula banyak terdapat di Afrika Tengah tetapi sejak lama menjalar ke Asia. Trypanosoma gambiense menular dari seorang  ke seorang dengan perantara lalat tsetse yang disebut Glossima palpalis, sedang Trypanosoma rhodesiense dijangkitkan oleh Glossina moritans. 

c. Tryponasoma Cruzi
Hewan ini menyebabkan anemia (kekurangan darah) pada anak - anak kecil. Banyak terdapat di Amerika Tengah. 

d. Trypanosoma evansi
Adalah parasit pada hewan. Ia menyebabkan penyakit surra (malas-malas) pada ternak.

e. Leishmania donovani
Serupa dengan Trypanosoma menyebabkan penyakit kala azar yang ditandai dengan demam dan anemia (kurang darah). Semula penyakit ini banyak terdapat di Mesir dan negara - negara sekitar Laut Tengah saja, tetapi sekarang kala azar terdapat juga di India. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel