Arthropoda: Ciri - Ciri Umum Arthropoda

Arthropoda: Ciri - Ciri Umum Arthropoda - Di antara semua hewan yang hidup di dunia, Arthropoda (hewan yang yang kakinya berbuku - buku) adalah hewan yang paling unggul dalam jumlah jenisnya dan penyebaranya. Lebih dari 800.000 jenis ini telah dikenal orang. 

Arthropoda: Ciri - Ciri Umum Arthropoda

Jumlah ini merupakan kira - kira 89% dari seluruh jenis hewan yang diketahui orang. Laut, danau, sungai dan daratan semuanya dapat dihuni oleh Arthropoda. Di antara Invertebrata, jenis Arthropodalah yang dapat hidup paling sukses di darat. 

Arthropoda pulalah satu - satunya golongan Invertebrata yang dapat terbang. Tidak mengherankan bahwa banyak ahli ilmu hewan menganggap Arthropoda mempunyai derajat tertinggi di antara Invertebrata.
Ciri - Ciri Umum 

Tubuh Arthropoda bersegmen dan mempunyai rangka luar dan anggota gerak yang berbuku - buku. Biasanya dapat dibedakan adanya bagian tubuh yang berupa kepala, dada dan perut walaupun ada hewan - hewan yang bagian - bagianya itu telah menjadi satu. 

Bentuk tubuhnya simetris bilateral dan mempunyai selom yang sebenarnya dan mengalami segmentasi metamerik. Anusnya terdapat pada segmen posterior. Dalam tubuh terdapat sistem peredaran darah. Sistem saraf terdiri dari tali saraf ganda yang terletak di bawah saluran pencernaan dan berhubungan dengan ganglion otak melalui saraf penghubung yang melingkari ujung anterior saluran pencernaan. 

Arthropoda dianggap berkerabat dekat dengan Annelida. banyak sifat - sifat Arthropoda yang mirip dengan sifat - sifat Annelida; misalnya yang menyangkut metameri, anggota gerak, sistem saraf, alat ekskresi dan perkembangan embrio.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel