Embriologi Perbandingan Perkembangan Embrio Berbagai Kelas Vertebrata

Embriologi Perbandingan Perkembangan Embrio Berbagai Kelas Vertebrata - Daur hidup hewan multiseluler selalu mengalami fase zygot, kemudian berkembang melalui beberapa tingkat hidup tertentu. Tentu saja ada perkecualianya misalnya hewan yang dapat berkembang biak secara vegetatif. 

Hewan yang daur hidupnya dimulai dari zygot, menunjukan adanya persamaan perkembangan zigot sampai pada fase - fase tertentu. Misalnya perkembangan zigot pada ikan, amfibi, reptil dan burung serta hewan menyusui selain dimulai dengan pembelahan zigot menjadi 2, kemudian menjadi 4, lalu menjadi 8 dan seterusnya melalui fase - fase yang disebut fase blastula dan gastrula. 

Embriologi Perbandingan Perkembangan Embrio Berbagai Kelas Vertebrata

Mulai terjadinya embrio sampai suatu fase tertentu terdapat persamaan - persamaan pada semua golongan hewan tersebut. Adanya persamaan perkembangan embrio ini menunjukan adanya kekerabatan diantara golongan - golongan vertebrata tadi. Penelitian mengenai perkembangan embrio menimbulkan suatu kesimpulan bahwa perkembangan ontogeni organisma merupakan ulangan dari sejarah perkembangan evolusi. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel