Bakat dan Lingkungan Serta Usaha Manusia Memperbaiki Keturunan

Bakat dan Lingkungan dan Usaha Manusia Memperbaiki Keturunan - Sudah banyak didiskusikan, apakah bakat (faktor - faktor hereditas) ataukah lingkungan yang memainkan peranan dalam membentuk seorang individu sebagaimana adanya? Para ahli banyak mempelajari hal ini dan memperoleh banyak data dari kembar identik yang berasal dari satu ovum dan satu sperma. 

Misalnya kembar identik yang diasuh terpisah sejak lahir dan dalam lingkungan yang berbeda, diasuh bersama - sama dengan perhatian khusus, dan jika kembar identik itu disuruh hidup bebas seperti anak - anak lainya. 

Mereka lahir dan memulai hidupnya dengan bekal sifat - sifat hereditas yang sama. Dari ketiga cara pengasuhan diatas, para ahli akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa baik faktor hereditas maupun lingkungan, adalah vital dalam membentuk seseorang individu; tampang, kepribadian dan temeperamenya.

Bakat dan Lingkungan Serta Usaha Manusia Memperbaiki Keturunan
Setelah manusia mempelajari hal - hal tersebut diatas, sampailah kepada usaha bagaimana mengadakan perbaikan - perbaikan keturunan manusia ini. Tentu saja, menurut sifatnya manusia harus menempuh dua jalan yang jelas. 

  1. Aplikasi dari euthenics, yaitu perbaikan sosial melalui pengubahan lingkungan, misalnya: pendidikan, nutrisi, tempat tinggal, olah raga dan rekreasi. 
  2. Aplikasi eugenetika yaitu perbaikan sosial melalui penggunaan hukum - hukum hereditas. 

Beberapa saran yang diajukan oleh para ahli genetika antara lain :

  1. Semua warga masyarakat yang mengerti, terutama angkatan mudanya, perlu mempelajari hukum - hukum hereditas dan bagaimana hukum ini bekerja dalam kehidupan.
  2. Sedapat mungkin, masyarakat tidak menyokong adanya perkawinan dari orang - orang sakit jiwa, lemah ingatan seperti idiot, imbisil dan penjahat berbakat. 
  3. Pemeriksaan calon - calon pembentuk rumahtangga, tentang kesehatan dan asal - usul calon sebelum pernikahan dilakukan. 
  4. Tetap memelihara kesehatan badan dan mental, melalui latihan badan dan pendidikan. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel