Evolusi, Genetika dan Lingkungan

Evolusi, Genetika dan Lingkungan - Lamarck (1744 - 1829) seorang ahli biologi Perancis, juga mengemukakan suatu teori tentang evolusi. Menurut Lamarck, perubahan yang terjadi pada makhluk hidup disebabkan oleh pengaruh lingkungan. 

Evolusi, Genetika dan Lingkungan

Untuk menjelaskan hal ini diberikan sebagai contoh jerapah yang berleher panjang. Menurut teori Lamarck jerapah yang panjang itu disebabkan karena mereka harus memakan daun - dauan pohon - pohon yang tinggi. Jadi menurut Lamarck, keadaan lingkungan telah menyebabkan berubahnya leher dan tinggi badan jerapah itu. 

Ada perbedaan yang penting antara teori Darwin dan teori Lamarck. Menurut Darwin terjadinya perubahan panjang leher jerapah itu disebabkan karena adanya seleksi alam. Hanya jerapah - jerapah yang berleher panjang saja yang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. 

Sedangkan jerapah yang berleher agak pendek, akan musnah. Menurut Lamarck leher jerapah menjadi panjang, karena selalu digunakan untuk menjangkau daun - daun yang letaknya tinggi. Hingga kini belum dapat diperoleh bukti - bukti mengenai kebenaran hipotesa tersebut. Kekarnya otot yang disebabkan latihan tidak merupakan suatu sifat yang dapat diwariskan kepada keturunan.



Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel