Persilangan 3 atau Lebih Sifat Berbeda

Persilangan 3 atau Lebih Sifat Berbeda - Bagaimanakah persilangan - persilangan dengan 3 atau lebih sifat beda? Hal ini cukup mudah untuk kita pelajari dengan menggunakan sistem papancatur. Katakanlah 3 sifat beda itu kita rumuskan dengan AABBCC dominan terhadap aabbcc. 

Keturunan F₁ akan menghasilkan individu AaBbCc. Kemungkinan gamet yang dapat dibentuk adalah: ABC, Abc, AbC, Abc, aBC, aBc, abC, abc. Jika dengan ke-8 macam gamet ini kita adakan penyerbukan sesamanya, akan terdapat 8² atau 64 macam kombinasi. 

Secara aljabar dapat kita temukan, bahwa jumlah sifat beda merupakan angka pangkat dari bilangan pokok 2 (yaitu macam induk jantan dan betina). dan saling persilangan sesamanya menjadi kwadrat seluruh kombinasi macam gamet. Wal hasil kemungkinan kombinasi keturunan F₂ dari persilangan dengan 3 sifat beda adalah (2³)²= 64. 

Dengan 4 tanda beda=(24)²=256 dan seterusnya.  

Kamu dapat mempelajari tentang kemungkinan kombinasi pada F₂ dengan berbagai jumlah sifat beda serta pemisahanya bila dominasi penuh, pada daftar berikut ini.

Hubungan antara jumlah sifat beda dan jumlah kemungkinan kombinasi serta pemisahan pada  F₂ baik dari segi fenotip maupun genotip. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel