Echinodermata Echonis (Landak) Derma (Kulit) Kelas Echinodermata

Echinodermata Echonis (Landak) Derma (Kulit) Kelas Echinodermata - Echondermata adalah binatang tripoblastik selomata tubunnya mempunyai simetri radial yang dibagi menjadi lima bagian. Rangka berupa keping - keping kapur terdapat di dalam kulit dan pada umumnya mempunyai duri. Saluran pencernaanya sudah sempurna meskpiun anus pada sebagian Echinodermata tidak berfungsi. Semua Echinodermata hidup dilaut.

Gerakanya lambat dengan kaki pembuluh (kaki ambulakral). Gerakanya terjadi dengan mengubah tekanan air yang diatur oleh sistem pembuluh air yang berkembang dari elom.

Jenis kelamin terpisah atau berumah dua, pembuatan terjadi di air laut. Larvanya mempunyai bentuk simetri bilateral dan dapat berenang bebas disebut bipinnaria.

Struktur larva Echinodermata mempunyai persamaan dengan struktur larva Chordata rendah. Dalam perkembangan embrio tahap awal kedua filum di atas mempunyai persamaan. Jadi, dilihat secara embriologis Echinodermata banyak mempunyai persamaan dengan Chordata. Karena itu, Echinodermata ditinjau secara evolusi kekerabatanya lebih dekat ke Chordata daripada ke Annelida, Mollusca atau Arthropoda.

Untuk mempelajari Echinodermata sebaiknya kamu mengamatinya dari awetan basah. Awetan basah biasanya memakain formalin 5 persen ditambah sedikit KOH atau NaOH sehingga larutan formalin berubah menjadi basa. Coba diskusikan mengapa kalau Echinodermata diawetkan dalam larutan formalin tanpa di beri KOH atau NaOH tubuhnya cepat hancur?

Untuk bintang ular laut (Ophiuroidea) dan lili laut (Crinoidea) biasanya tubuhnya akan patah - patah jika dimasukan cairan pengawet. Untuk jenis - jenis tersebut biasanya diawetkan dengan cara khsusus yang dilakukan oleh pembimbing.

Terdapat lima kelas yang termasuk Echinodermata yaitu : Asteroidea, Echinoidea, Ophiuroidea, Crinoidea dan Holothuroidea.
  • Asteroidea
Hewan ini mempunyai bentuk seperti bintang atau segi lima. Permukaan bawah disebut permukaan oral karena disitu terdaoat mulut, sedang permukaan atas disebut permukan adoral dan terletak anus. Kaki pembuluh terdaopat pada permukaan oral. Pada permukaan adoral selain anus terdapat ,adreporit lubang yang mempunyai saringan yang menghubungkan air laut dengan sistem pembuluh air, dan lubang kelamin.
  • Echinoidea
Hewan ini tubuhnya tanpa tangan hampir bulat atau gepeng. Rangkanya disusun dari keping - keping zat kapur dan umumnya berduri. Mulut di permukaan oral dilengkapi dengan alat untuk mengambil makanan yang disebut lentera Asristoteles. Anus, madreporit dan lubang kelamin terdapat di permukaan adoral.
  • Ophiuroidea
Hewan ini tubuhnya mempunyai 5 tangan yang dapat digerakan. Mulut dan madreporit, di daerah oral, tidak mempunyai anus.
  • Crinoidea
Hewan ini tubuhnya mempunyai lima tangan yang bercabang - cabang. PAda dasar tubuh dipermukaan adoral terdapat kaliks dan tangkai atau hanya kaliks saja dan ciri sebagai alat pemegang. Mulut dan anus didaerah oral, tidak madreporit. Crinoidea lebih sering ditemukan menempel, meskipun dapat berenang dengan bebas. Jenis - jenis dan jumlahnya lebih banyak ditemukan sebagai fosil. 

Echinodermata Echonis (Landak) Derma (Kulit) Kelas Echinodermata
  • Holothuroidea
Hewan ini mempunyai bentuk tubuh seperti ketimun atau memanjang, tubuhnya tidak kaku, tetapi fleksibel dan lembut, rangakanya direduksi berupa butir - butir kapur di dalam kulit. Sekeliling mulut terdapat tentakel yang bercabang. Tentakel dihubungkan dengan sistem pembuluh air. Bergerak dengan tiga baris kaki pembuluh yang terdapat pada permukaan sawah atau ventral dan dua bris kaki pembuluh dorsal dipakai untuk bernafas. Selain itu, ada alt napas yang disebut paru - paru air.
 
Echinodermata Echonis (Landak) Derma (Kulit) Kelas Echinodermata

Di pantai - pantai pulau JAwa dan pulau lainya sudah banyak kerusakan yang disebabkan oleh macam - macam faktor, salah satu yang membuat kerusakan adalah pengunjung pantai, wisatawan atau yang mengadakan karyawisata. Biasanya dalam karyawisata setiap siswa berkeinginan untuk mengumpulkan hewan dan tumbuhan laut sebanyak mungkin tetapi akhirnya dibuang karena busuk.

Karena itu, jika kamu akan mengamati invertebrata laut, ambil seperlunya dan usahakan dalam keadaan hidup. Setelah selesai pengamatanlebih baik dilepas lagi. Jika hendak mengumpulkan untuk diawetkan ambil seperlunya saja untuk laboratorium sekolah.

Beberapa jenis Echinodermata mempunyai manfat untuk makanan misalnya tripang dan telur bulu babi. Selain itu, banyak Echinodermata bertindak sebagai pembersih karena memakan bangkai atau sisa - sisa hewan lain yang terdapat dipantai.

Jenis tertentu dari bintang laut dapat merusak binatang karang sehingga banyak yang mati karena dimakan. Selain itu, bintang laut ada yang memakan jenis - jenis tiram diantaranya kerang mutiara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel