Mollusca Mengenal Struktur Tubuh Mollusca Berdasarkan Kelas

Mollusca Mengenal Struktur Tubuh Mollusca Berdasarkan Kelas - Mollusca Mollis (Lunak) - Mollusca merupakan binatang teripoblastik selomata, tubuhnya tidak beruas - ruas dan banyak yang mempunyai cangkok atau rumah. Semua jenis mollusca mempunyai matel, yaitu lapisan jaringan yang menutupi organ - organ viseral dan membentuk rongga mantel.

Pada beberapa jenis mollusca mantel membentuk cangkok (rumah). Selain itu mollusca selalu mempunyai struktur berotot yang disebut "kaki" yang bentuk dan fungsinya berbeda untuk tiap kelas.

Struktur mollusca sangat bervariasi dan dibagi menjadi 5 kelas yaitu : Amphineura, Gastropoda, Scaphopoda, Pelecypoda (Lamellibranchiata, Bivalvia) dan Cephalopoda. Untuk mempelajari kelima kelas ini sebaiknya kamu mempunyai koleksi cangkok dan awetan basah berbagai jenis mollusca.
  • Amphineura
Hewan ini hidupnya di laut banyak ditemukan di pantai, kaki perutnya melekat pada batu - batu. Pada rongga mantel terdapat insang. Di bagian dorsal tubuhnya ditutupi dengan 9 keping yang mengandung zat kapur. Semua hidupnya di laut. Contoh yang banyak ditemukan adalah Chiton. Dalam daur hidupnya Chiton mempunyai fase larva yang disebut trokopor seperti larva pada Polychaeta atau cacing laut.

Mollusca Mengenal Struktur Tubuh Mollusca Berdasarkan Kelas
  • Gastropoda
Gastropoda merupakan kelas Mollusca terbesar. Telah diketahui lebih dari 35000 jenis yang masih hidup dan 15000 spesies yang telah menjadi fosil. Terdapat dalam berbagai habitat di laut, di air tawar dan di darat sebagian besar Gastropoda mempunyai sebuah cangkok atau rumah berbentuk kerucut terpilin atau spiral sehingga bentuk tubuhnya juga menyesuaikan diri dengan bentuk cangkok, padahal waktu larva bentuk tubuhnya simetri bilateral. Jenis yang tidak bercangkok banyak terdapat di laut dan ada pula yang hidup di darat, biasanya disebut siput telanjang.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut kamu dapat mengamati seekor bekicot atau (Achatina fulica) yang masih hidup atau siput jenis lain. Biarkan kaki perut dan kepalanya ke luar dari cangkoknya. Amati bagian - bagian tubuhnya yaitu kaki, perut, kepala, tentakel, mulut dan lubang napas.

Menarik sekali untuk diperhatikan adalah cara geraknya. Diskusikan bagaimana cara untuk mengamati gerak pada kaki perut seekor bekicot atau jenis siput yang lain.

Gastropoda jenis kelaminya hermaprodit, tetapi tidak pernah terjadi pembuahan sendiri dan bertelur setelah terjadi perkawinan. Pada Pulmonata (yang bernafas dengan paru - paru) darat, seperti bekicot telur mempunyai cangkang atau kulit sedang Pulmonata air, telur terdapat pada kapsul dari semacam gelatin. Telur langsung menetas menjadi siput - siput kecil.

Banyak pulmonata air yang telurnya menetas menjadi siput - siput kecil. Banyak pulmonata air yang telurnya menetas di dalam uterus (Ovovivipar). Gastropoda air bernapas dengan insang dan telurnya dilepas satu - satu atau berkelompok dalam zat semacam gelatin. Hidupnya terutama di laut dan telur menetas menjadi berbagai fase larva sebelum menjadi dewasa. Hanya Gastropoda primitif yang mempunyai larva trokofor.

Gastropoda mempunyai arti ekonomi yang penting. Larva maupun yang dewasa merupakan mata rantai yang penting dalam jaring makanan terutama di ekosistem laut. Selain itu banyak jenis gastropoda yang menjadi makanan manusia. Berbagai jenis gastropoda dapat merusak tanaman pertanian dan ada pula yang menjadi hospes perantara dari berbagai jenis Trmatoda. Banyak gastropoda yang mempunyai cangkok indah yang banyak diminati para kolektor.
  • Scaphopoda
Hewan ini hanya mempunyai kira - kira 200 spesies, hidup di laut pada pantai - pantai yang berlumpur. Cangkoknya berbentuk taring atau terompet. Kedua ujungnya terbuka, kamu dapat mengamatinya ketika berkaryawisata ke pantai sering menemukan cangkoknya di tepi pantai.
  • Pelecypoda
Pelecypoda adalah mollusca yang mempunyai kaki berbentuk pipih seperti kapak untuk membuat lubang. Cengkoknya terdiri dari dua bagian yang dihubungkan dengan semacam engsel. Di dalam cangkok terdapat tubuhnya.

Insangnya atau brankia berupa lembaran - lembaran atau lamel dan mantelnya menempel pada cangkok. Di tepi cangkok, mantel secara terus menerus membentuk bagian cangkok yang baru sehingga cangkok makin lama makin besar.

Kaki sifon - sifon yang merupakan corong atau saluran masuk dan saluran keluar air, kedalam dan ke luar rongga mantel. Di dalam rongga mantel terdapat insang. Berbagai jenis kerang atau remis hidup didalam lumpur, dan remis atau kerang demikian mempunyai sifon yang panjang.

Cangkok atau rumah Pelecypoda terdiri dari tiga lapisan. Lapisan terluar disebut periostrakum dibentuk dari zat kitin prisma karena tersusun dari kristal - kristal kalsit berbentuk prisma, lapisan ketiga disebut lapisan nakre atau lapisan induk mutiara yang tersusun dari lapisan - lapisan tipis pararel dari kalsit atau karbonat.

Diantara kristal - kristal kalsit pada lapisan prisma maupun nakre terdapat bahan organik yang membentuk kerangka tempat terbentuknya kristal tersebut. Ujung mantel membentuk lapisan perisotrakum dan lapisan prisma, sedang lapisan nakre dibentuk oleh seluruh permukaan luar mantel.

Di antara cangkok dan mantel kadang - kadang masuk benda asing misalnya pasir. Butira pasir kemudian menjadi inti pembentukan butir mutiara. Hanya jenis - jenis tertentu yang dapat menghasilkan mutiara yang kualitasnya tinggi yaitu teram mutiara, Pinctada margaritifera dan Pincatada mertensi, sebagai penghuni laut bersuhu panas di daerah pasifik termasuk di Indonesia Bagian Timur. Mutiara dapat dihasilkan dengan memasukan inti mutiara di antara mantel dan lapisan nakre.

Kebanyakan pelecypoda berumah dua, artinya terdapat jantan dan betina, tetapi terdapat pula yang berumah satu atau hermaprodit. Pembuahan terjadi di luar atau dalam rongga mantel, kemudian zigot berkembang menjadi larva yang bergerak bebas. Beberapa jenis yang hidup di laut fase larvanya dapat berumur berapa bulan.

Selanjutnya larva berkembang jika menemukan tampat yang cocok pada daerah berlumpur atau menempel pada substrat yang keras.

Beberapa jenis remis air tawar atau famili Uniondae pembuahan terjadi di ruangan sebelah atas insang kemudian melekat pada insang membentuk larva glokidium (0,1 - 0,4 mm). Kemudian larva terlepas keluar dan melekat pada tubuh ikan. Jenis larva yang tidak mempunyai kait dapat menempel pada insang ikan, kemudian hidup sebagai parasit pada ikan untuk beberapa lama dan kemudian akan lepas dari ikan dan sudah mempunyai cangkok untuk berkembang menjadi dewasa pada dasar perairan.

Pelecypoda mempunyai arti ekonomi yang penting. Coba kamu sebutkan ada berapa macam jenis tiram dan kerang yang dapat dimakan dan merupakan makanan laut yang lezat. Demikian pula kulitnya dapat dipakai untuk membuat kancing dan hiasan yang sangat bagus. Mutiara selain secara alami sudah diproduksi secara besar - besaran dengan cara menyuntikan inti mutiara.
  • Chepalopoda
Hewan ini merupakan mollusca dengan kepala yang jelas dan mata yang besar. Kaki otot di modifikasi menjadi tangan, tentakel sekeliling mulut, dan corong yang merupakan saluran keluar dari rongga matel.

Jadi, apa persamaan antara kaiki pada Gastropoda dan Pelecypoda dengan tangan dan tentakel pada Cephalopoda? Tangan dan tentakel umumnya disebut tentakel saja. Kebanyakan Cephalopoda mempunyai kelenjar tinta.

Cangkok atau rumah yang lengkap terdapat pada Nautilus. Pada cumi - cumi dan sotong rumah cangkok direduksi dan letaknya didalam, sedang gurita sama sekali tidak mempunyai cangkok. Cangkok Gastropoda karena tubuh Nautilus tetap mempunyai simetri bilateral.

Cangkok Nautilus seperti cangkok Cephalopoda lain dibagi - bagi dengan sekat melintang menjadi beberapa ruangan dan hanya ruangan terakhir ditempati oleh tubuhnya. Secara periodik tubuhnya bergeser ke depan dan mantelnya membuat sekat baru.

Cephalopoda merupakan mata rantai yang penting dalam jaring makanan pada ekosistem laut. Berbagai ikan memangsa cumi - cumi. Cumi - cumi dan sotong merupakan makanan laut yang digemari manusia.

Senoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel