Hipotesis ~ Hipotesis? Bukan Ramalan Biasa

Hipotesis ~ Hipotesis? Bukan Ramalan Biasa - Hipotesis mungkin banyak belum memahami dari hipotesis itu sendiri. Dari berbagai sumber yang ada serta hasil penelitian juga pada hakekat merupakan suatu jawaban atas pertanyaan penelitian dari yang telah dirumuskan dalam suatu perencanaan penelitian.

Hipotesis 
Hipotesis ~ hipotesis? bukan ramalan biasa
Dari berbagai penelitian yang ada pada suatu penelitian juga disebut dengan hipotesis, sehingga hipotesis yang terdapat dalam suatu penelitian memiliki jawaban yang sementara pada penelitian seperti halnya sebagai patokan dan ibarat dalil dan penelitian untuk pembuktian dari kebenaran dan hasilnya bisa benar atau salah diterima ataupun ditolak.

Hipotesis juga merupakan akhir dari suatu penelitian serta kesimpulan yang diperoleh dari suatu pembuktian atau analisis pada uji rumusan jawaban yang sementara.

Sedangkan akhir dari suatu penelitian juga merupakan kesimpulan penelitian serta generalisasi dari dalil yang berlaku umum dan memiliki perbedaan tingkatan dalam suatu tingkatan pada taraf tertentu seperti halnya tingkat kemaknaan yang dihasilkan dengan analisis statistik. Dan thesis merupakan pembuktian dari hipotesis datu hasil penelitian.

Dengan masalah yang diteliti hipotesis dapat ditarik dengan serangkaian fakta yang muncul, dan fakta juga dirumuskan dengan hubungan dengan yang lain dan membentuk suatu konsep dan sebagai abstraksi dari hubungan berbagai fakta. Penelitian ini diarahkan dari adanya hipotesis tersebut. Lain halnya pada hipotesis juga dapat untuk membimbing ataupun mengarahkan dalam pengumpulan data.

Peranan hipotesis dalam penelitian secara garis besar adalah sebagai berikut :

  • Memperkecil serta memberikan batasan jangkauan penelitian
  • Pengumpulan data dilakukan untuk memfokuskan perhatian
  • Penyesuaian fakta serta data juga sebagai panduan dalam pengujian
  • Mengidentifikasi variabel yang diteliti atau diamati
Sebagai titik tolak dalam pelaksanaan penelitian dari hipotesis dan menarik kesimpulan dalam bentuk yang sementara.

Hal yang dilakukan dalam perumusan hipotesis untuk memperoleh fakta antara lain :

  • Untuk memperoleh sumbernya seperti dari lapangan, rumah sakit, puskesmas dan laboratorium yang dengan fakta tersebut dapat dilakukan perubahan dan penafsiran juga keaslian fakta.
  • Dengan cara menggambarkan dari sumber asli untuk fakta yang diidentifikasikan dan masih memiliki bentuk asli dan masih berada ditangan orang yang mengidentifikasi.
  • Dengan jalan menyusun dengan bentuk penalaran abstrak dari fakta yang diperoleh serta sebagai simbol berpikir juga hubungan berbagai fakta atau variabel.
Dalam penelitian fakta sangat penting terutama pada perumusan hipotesis yang merupakan kesimpulan dari fakta yang ditemukan dan berguna dijadikan dasar membuat kesimpulan. Hipotesis ini dalam penarikanya berdasar suatu problematik yang timbul dari penelitian juga hasil pemikiran logis dan rasional dan bukan hanya sekedar ramalan. Selain itu, dari masalah yang diteliti hipotesis dirumuskan juga teori ilmu pengetahuan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel