Sel Eukariotik Membran Sel

Sel Eukariotik Membran Sel - Inti sel, nekleus, sitoplasma merupakan sel yang membentuk sel Eukariotik dan di dalam sitoplasma terdapat organel sel. Sedangkan seperti mikrofilamen, sentriol, retikukum, ribosom, badan golgi, mitokondria, mikrotubulus dan lisosom merupakan bagian dari orgnel sel. Bagi kelangsungan hidup sel sangat penting yang merupakan fungsi dari organel sel dan terdapat perbedaan fungsi untuk setiap masing - masing organel sel.

Secara skematis seperti yang tampak pada gambar membran sel memiliki ketebalan 5 hingga 10 nm selain membran sel yang merupakan struktur khusus yang tersusun oleh molekul lipid, protein, karbohidrat serta kolesterol, Fungsi dari membran sel antara lain sebagai berikut :
Sel eukariotik membran sel
  • Membentuk serta sebagai pembungkus isi sel yang terdapat di dalam membran sel, sedangkan endomembran yang terdapat di dalam sel tersebut berfungsi untuk membungkus retikulum endoplasma, lisosom dan aparatus golgi.
  • Membran sel tersebut berfungsi untuk menyaring masuknya zat yang masuk ke dalam sel, sehingga tidak semua zat dapat menembus membran sel selain merupakan selaput yang bersifat semipremiabel.
  • Sebagai larutan yang dari dan ke dalam sel, dalam membantu dan memasuki serta mengeluarkan senyawa tertentu dari dan ke dalam sel.
  • Merespon terhadap sinyal dari luar, sedangkan pada membran sel terdapat protein integral yang berfungsi sebagai resepton untuk menerima sinyal dari lingkungan sel.
  • Protein - protein  membran sel dan glikoprotein berfungsi sebagai perantara untuk interaksi interseluler  sel yang berinteraksi dengan sel lain ataupun dengan lingkungan luarnya.
  • Berfungsi sebagai tempat aktivitas biokimiawi dan dari beberapa reaksi kimiawi, melalui protein integral membran berfungsi sebagai katalisator yang terdapat pada beberapa reaksi kimia yang dikatalisis.
  • Berfungsi untuk transduksi energi seperti membran dalam inner membran pada kloropas berfungsi untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam proses fotosintesis.
Sel eukariotik membran sel
Protein dan lemak merupakan dua komponen utama yang merupakan semua dari membran sel yang tersusun serta terikat dalam nonkovalen dan menyerupai lembaran. Lipid bilayer adalah lapisan lemak yang terdapat pada lembaran. Sedangkan perbandingan jumlah lemak dan protein bervariasi dan tergantung dari jenis  membran sel, jenis organisme dan jenis sel.

Seperti yang tampak pada gambar membran sel tulang berbeda dengan membran sel hati, membran retikulum endoplasma berbeda dengan membran badan golgi dan membran sel tumbuhan berbeda dengan membran sel hewan.

Terdiri dari lebih 50 jenis protein yang berbeda dari protein yang menyusun membran dan jenis tersebut terletak dengan orientasi tertentu pada lipid bilayer. Selain itu, protein membran dikelompokan menjadi tiga antara lain : Protein prefier, protein yang terikat pada lipid membran juga protein integral.
  • Protein perifer terletak diluar lipid bilayer dan di dalam lipid bilayer dan ikatan dari kedua tersebut adalah nonkovalen. 
  • Protein integral merupakan protein yang menembus lipid bilayer sehingga memiliki dua permukaan, permukaan yang mengarah ke lingkungan luar sel dan menghadap ke dalam sitoplasma. 
  • Protein tang terikat pada lipid membran terletak pada permukaan lipid bilayer. 
    Terdapat juga kadar karbohidrat dan kolesterol selain protein dan lemak, karbohidrat pada membran sel terikat secara kovalen lemak maupun protein. Karbohidrat yang terikat dengan lemak disebut glikolipid dan terikat pada protein disebut glikoprotein.

    Dari kedua jenis antara protein dan lemak berfungsi sebagai media interaksi dengan sel lain sekitar 2 hingga 10 % tergantung dari tipe sel dan jenis makhluk hidup yang merupakan fungsi dari glikoprotein yang membangun membran plasma.

    Demikian Sel eukariotik membran sel semoga artikel ini bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel