Bagaimana Tulang Yang Retak Bisa Pulih Kembali? Beginilah Tahapnya

Bagaimana Tulang Yang Retak Bisa Pulih Kembali? Beginilah Tahapnya - Beberapa proses persendian seperti lutut, mengandung kartilago atau tulang rawan hialin dan fibrokartilago. Tulang rawan hialin berfungsi menyelaputi permukaan tulang, sedangkan fibrokartilago berfungsi sebagai bantalan yang mencegah gesekan langsung antartulang pada persendian menjadi menurun.
Operasi pembedahan yang dilakukan untuk penyembuhan biasanya hanya bersifat temporer dan tidak sempurna penutupan lukanya. 

Kemajuan terbaru dalam bidang kultur jaringan, para ahli telah berhasil menumbuhkan fibrokartilago secara "in vitro" di laboratorium. Caranya, kondrosit diambil dari lutut anjing yang terluka kemudian dikultur dalam jalinan serabut kolagen buatan.

Dalam pertumbuhanya, kondrosit mampu menghasilkan masa fibrokartilago yang selanjutnya dapat disisipkan ke dalam persendian yang mengalami luka. Selama beberapa waktu, bantalan hasil sisipan akan berubah bentuk dan tumbuh serta mengembalikan fungsi normal persendian.

Bagaimana Tulang Yang Retak Bisa Pulih Kembali? Beginilah Tahapnya

Teknik ini memungkinkan dapat untuk diterapkan dalam penanganan beberapa luka persendian pada manusia. Bagaimanakah tulang yang retak dapat pulih kembali? Berikut ini adalah tahapan dalam penyembuhan retak tulang.

Tahap I segera setelah terjadi fraktur atau retak tulang, pendarahan pada area retak akan membentuk gumpalan darah yang dinamakan fraktur hematoma.

Tahap II Jalinan kalus tulang bunga karang pada permukaan dalam serta kalus eksternal kartilago dan tulang menstabilkan permukaan luar. 

Tahap III Kalus kartilago eksternal telah digantikan oleh tulang dan menutupi tulang bunga karang sehingga bagian tulang yang retak menyatu atau berfusi. Sementara itu, fragmen- fragmen tulang yang mati dan menutupi permukaan tulang telah dibuang.

Tahap IV Penggembungan merupakan tanda telah terjadinya fraktur atau bekas fraktur, bagian ini selanjutnya akan mengalami perubahan bentuk, tetapi ada sedikit tanda bekas retak.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel