Epitel Kubus (Jaringan Epitel)

Epitel Kubus (Jaringan Epitel) - Dilihat dari permukaan, jaringan epitel ini tampak berbentuk poligonal atau heksagonal, sedangkan dari samping tampak seperti kotak atau segi empat pendek yang susunanya berderet dengan inti bulat di tengah.

Epitel Kubus Selapis

Epitel Kubus (Jaringan Epitel)

Jaringan epitel kubus selapis dapat ditemukan pada bagian tubuh yang memiliki fungsi sekretoris atau absorbsi, misalnya pada tubulus kontortus proksimal dan tubulus distal dari ginjal, Kelenjar pankreas, kelenjar ludah, kelenjar tiroid dan permukaan ovarium serta pada ovarium.

Epitel Kubus Berlapis Banyak
Fungsi epitel kubus berlapis banyak, yaitu untuk proteksi, absorbsi dan sekreasi. Jaringan ini jarang ditemukan di dalam tubuh. Contoh epitel kubus berlapis banyak adalah pada saluran kelenjar keringat (Duct of sweat gland).

Epitel Transisional
Jaringan epitel ini sel - selnya dapat mengalami perubahan bentuk karena meregang. Contohnya, pada kantung kemih (urinary bladder), pelvis ginjal dan ureter. Jika bagian - bagian tersebut kosong, tidak terisi oleh urine maka tidak ada tekanan cairan terhadap sel- sel epitel sehingga terlihat bentuknya kubus berlapis banyak.

Epitel Kubus (Jaringan Epitel)

Akan tetapi, jika terisi oleh urine maka terdapat tekanan ke arah sel - sel epitel sehingga terlihat bentuknya pipih dan berlapis banyak seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel