Hipofisis - Kelenjar Pineal, Tiroid Dan Paratiroid (Sistem Endokrin)

Hipofisis - Kelenjar Pineal, Tiroid Dan Paratiroid (Sistem Endokrin) - Hipofisis (Pituitari) terletak di dasar hipotalamus. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus, yaitu lobus anterior dan lobus posterior. Kedua lobus ini menghasilkan jenis hormon yang berbeda.

Seperti yang tampak pada gambar, menunjukan macam hormon yang dihasilkan oleh hipofisis anterior dan hipofisis posterior beserta fungsinya.

Hipofisis - Kelenjar Pineal, Tiroid Dan Paratiroid (Sistem Endokrin)

Hipofisis - Kelenjar Pineal, Tiroid Dan Paratiroid (Sistem Endokrin)
Kelenjar pineal mempunyai struktur sebesar kacang ercis, terbungkus oleh piamater, letaknya diatas cereblum. Kelenjar ini banyak mengandung sel sekretori yang dinamakan "pinealocyte". Hormon yang dihasilkan adalah melatonin, berfungsi memperlambat maturasi (pematangan) sperma, oosit dan organ reproduksi melalui reduksi sekresi GnRH.

Selain itu, melatonin dalam otak berperan sebagai antioksidan dan pengaturan ritme harian. Hormon lain yang juga disekresikan oleh pineal adalah "adrenoglumerulotropin", fungsinya merangsang korteks adrenal untuk sekresi  "aldosterol".

Kelenjar Tiroid dan Paratiroid
Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terdiri atas dua lobus besar dan terletak di leher, tepatnya dibawah laring. 

Hormon yang dihasilkan oleh adalah tiroksin, adalah berfungsi untuk pertumbuhan. Kelenjar ini sangat sensitif terhadap yodium. Jika yodium tersebut maka akan disimpan dan digunakan untuk sinteis tiroksin. Namun, jika tubuh kekurangan mineral ini maka pertumbuhan akan terhambat dan menyebabkan tiroid membengkak yang disebut dengan penyakit gondok.

Kelenjar paratioroid ukuranya lebih kecil, bentuknya bulat, terikat pada permukaan posterior lobus tiroid. Biasanya ada empat buah, tetapi kadang kurang atau lebih. Dalam kelenjar paratiroid terdapat populasi sel (chief sel) yang bertanggung jawab untuk sekresi parathormon.

Hipofisis - Kelenjar Pineal, Tiroid Dan Paratiroid (Sistem Endokrin)

Kelenjar tiroid berperan menjaga homeostatis kalsium darah, dan permeabilitas membran sel. Parathormon mencegah penurunan kalsium darah dengan mobilisasi (pemindahan) kalsium tulang. Letak kelanjar tiroid seperti yang tampak pada gambar.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel