Jaringan Epitel Pada Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan

Jaringan Epitel Pada Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan - Berdasarkan struktur dan fungsinya, jaringan epitel dibedakan menjadi epitel penutup atau epitel dan epitel kelenjar. Epitel penutup adalah lapisan sel - sel yang menutupi permukaan tubuh bagian luar, maupun permukaan tubuh bagian dalam. Epitel kelenjar adalah struktur sekretoris yang merupakan derivat atau hasil modifikasi sel- sel epitel.

Epitel penutup menutupi setiap permukaan tubuh terdedahkan atau terbuka, misalnya permukaan kulit tubuh, lapisan epitel pada saluran pencernaan, saluran pernapasan, saluran reproduksi dan saluran urinaria.

Epitel juga melapisi permukaan dalam suatu rongga, misalnya paru - paru, rongga di dalam otak serta permukaan di dalam pembuluh darah dan jantung. Jaringan epitel juga memiliki beberapa karakteristik penting. Beberapa karakteristik penting jaringan epitel adalah sebagai berikut :
  • Antar epitel satu dengan yang lain memiliki ikatan sangat kuat dan rapat.
  • Sel - selnya mempunyai bagian yang menghadap ke permukaan luar tubuh atau permukaan rongga dan bagian sel yang menempel pada suatu membran. Karakter yang demikian dinamakan, sel epitel memiliki polaritas.
  • Bagian epitel sel yang tidak berhadapan dengan permukaan luar, menempel pada suatu lamina basal atau lapisan dasar yang dihasilkan oleh permukaan basal sel epitel.
  • Jaringan epitel sel tidak mengandung pembuluh darah atau avaskuler.
  • Sel - sel epitel memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi untuk menggantikan sel - sel epitel lainya yang telah rusak.
  • Kelenjar merupakan struktur khas dari jaringan epitel. Beberapa kelenjar ada yang dibangun oleh satu sel yang dinamakan kelenjar uniseler. Contohnya sel goblet yang terdapat pada epitel trakea atau epitel pada usus halus dan lambung.
Jaringan Epitel Pada Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan

Kelenjar yang dibangun oleh banyak sel epitel dinamakan kelenjar multiseluler, misalnya kelenjar minyak, Lieberkuhn, bruner dan kelenjar lidah juga kelenjar tiroid. Sel - sel epitel pada kelenjar termodifikasi menjadi sel yang bersifat sekretoris.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel