Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan Dan Jenis Jaringan

Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan Dan Jenis Jaringan - Pada makhluk hidup multiseluler termasuk hewan dan manusia, tubuhnya tersusun atas ribuan bahkan jutaan sel yang masing - masing memiliki bentuk dan fungsi tertentu yang dinamakan jaringan.

Setiap jaringan tersusun atas sel- sel dengan bentuk yang khusus dan disesuaikan dengan fungsinya. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan dinamakan histologi. Untuk memahami materi tentang struktur dan fungsi jaringan hewan dapat anda lihat peta konsep berikut ini.

Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan & Jenis Jaringan

Terdapat empat jaringan yang menyusun tubuh, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf. Jaringan epitel berfungsi melapisi permukaan, melapisi suatu saluran atau rongga, dan membentuk kelenjar.

Jaringan ikat merupakan jaringan pengisi yang menyokong struktur jaringan lain, untuk transpor materi di dalam tubuh, dan tempat menyimpan cadangan energi. Jaringan otot memiliki kemampuan untuk berkontraksi dalam menyediakan pergerakan dan menghasilkan panas tubuh.

Jaringan saraf berperan dalam membawa informasi dari satu bagian ke bagian lain di dalam tubuh dalam bentuk impuls saraf.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel