3 Jaringan Otot,Jaringan Saraf Hewan Dan Manusia

3 Jaringan Otot Dan Jaringan Saraf Hewan Dan Manusia - Jaringan otot adalah kumpulan sel otot yang berfungsi melakukan gerak pada berbagai bagian tubuh. Di dalamnya terdapat protein kontraktil yang membuat otot - otot dapat berkontraksi. Bentuknya panjang - panjang dan mengandung serabut - serabut halus yang disebut miofibril. 

Biasanya jaringan otot dibedakan menjadi tiga macam: otot polos, otot lurik dan otot jantung. Otot lurik dan otot jantung lebih banyak mengandung protein kontraktil dibandingkan dengan otot polos.
Perbedaan antara otot polos, otot lurik dan otot jantung

3 Jaringan Otot,Jaringan Saraf Hewan Dan Manusia

a. Otot polos. Tersusun atas sel - sel berbentuk kumparan halus, masing - masing dengan satu nukleus ditengah, berbentuk oval dan mempunyai fibril - fibril homogen. Sel - sel tersebut tersusun atas lapisan - lapisan yang diikat dengan jaringan ikat fibrosa. 

Biasanya terdapat pada alat - alat dalam tubuh hewan vertebrata, misalnya dinding saluran pencernaan, pembuluh darah dan sebagainya. 

b. Otot lurik (otot rangka). Disebut juga otot seran- lintang. Jaringan otot lurik terdiri atas susunan sel - sel otot yang disebut fibril. Fibril tersusun atas miofibril. 

Sel otot berkumpul membentuk kumpulan sel, yang selanjutnya bersatu membentuk otot atau daging. Miofibril diselubungi oleh retikulum, sarkoplasma. Serabut otot tersusun atas protein rangkap, yaitu aktin dan miosin. Jenis otot ini bekerja dibawah pengaruh kesadaran, sehingga disebut otot volunter. 

c. Otot jantung (miokardium). Juga terdiri atas serabut otot seran lintang, tetapi antara sel - sel yang berdampingan, membran selnya beranyaman dan merupakan jembatan penghubung. Hubungan semacam ini disebut sinsitium. Otot jantung disebut juga otot lurik involuter.

Jaringan Saraf 
Jaringan saraf dibentuk oleh sel - sel saraf atau neuron. Ujung neuron yang satu dengan ujung neuron lainya saling berhubungan. Hubungan antara ujung - ujung neuron ini disebut sinapsis. Pada bagian - bagian tertentu dari akson mielin menggenting disebut Nodus Ranvier.
Demikian 3 Jaringan Otot Dan Jaringan Saraf Hewan Dan Manusia semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel