Fungsi Jaringan Epitel Dan Derivatnya (Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan)

Fungsi Jaringan Epitel Dan Derivatnya (Struktur & Fungsi Jaringan Hewan) - Jaringan Epitel serta derivatnya mempunyai peranan yang penting di dalam tubuh. Fungsi Jaringan epitel dan derivatnya adalah sebagai berikut :
  • Untuk proteksi, artinya jaringan epitel melindungi permukaan luar atau permukaan dalam tubuh dari aberasi, dehidrasi dan pengaruh agensia biologi dan kimiawi.
  • Berperan untuk eksteroreseptor atau memberi sensasi terhadap stimulus dari lingkungan, misalnya neuro - epitelium atau sel epitel saraf yang mengandung sel- sel sensoris dan menyediakan sensasi baru terhadap bau, rasa, penglihatan, keseimbangan dan pendengaran.
  • Untuk sekresi, artinya sel - sel epitel berfungsi sebagai jaringan sekretoris, yaitu kelenjar.
  • Untuk ekskresi artinya sel - sel epitelium bekerja sebagai jaringan ekskretoris, misalnya membuang sisa - sisa metabolisme yang berupa karbondioksida, air serta garam - garam tertentu.
  • Untuk Osmoregulasi, yaitu pengaturan tekanan osmosis cairan di dalam tubuh, misalnya kulit ikut mengekskresikan garam- garam tertentu untuk menjaga tekanan osmosis cairan tubuh.
  • Membantu respirasi, biasanya dilakukan oleh hewan - hewan akuatik.
  • Absorbsi adalah proses penyerapan sari- sari makanan melalui proses epitel usus halus.

Fungsi Jaringan Epitel Dan Derivatnya (Struktur & Fungsi Jaringan Hewan)

Berdasarkan bentuk sel yang menyusunya, jaringan epitel dibedakan menjadi tiga, yaitu epitel pipih, kubus dan silindris. Berdasarkan jumlah lapisan penyusunya, jaringan epitel dibedakan menjadi atas epitel selapis dan berlapis banyak. Sedangkan untuk distribusi jaringan pada tubuh mamalia seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel