Epitel Pipih (Jaringan Epitel ) Selapis Dan Berlapis Banyak

Epitel Pipih (Jaringan Epitel ) Selapis Dan Berlapis Banyak - Jaringan Epitel Pipih ini bentuk sel- selnya pipih, tipis seperti lembaran dan tidak beraturan. Pada suatu sayatan tampak nukleousnya berbentuk cakram. Jika dilihat dari permukaan, sel - selnya tampak seperti telur- telur ayam yang diletakan saling bersebelahan.

Epitel Pipih Selapis
Jaringan ini umumnya terletak pada bagian terlindung, yaitu pada bagian tempat berlangsungnya proses absorbsi, seperti yang tampak pada gambar. Epitel pipih selapis dapat ditemukan pada permukaan dalam alveoli, rongga tubuh dan permukaan dalam pembuluh darah serta jantung.

Epitel Pipih (Jaringan Epitel ) Selapis Dan Berlapis Banyak

Epitelium pipih selapis pada rongga tubuh dinamakan mesotelium yang meliputi pleura atau selaput tipis pembungkus paru - paru, peritoneum dan perikardium atau selaput pembungkus jantung. Epitel pipih selapis pada permukaan dalam pembuluh darah dan jantung dinamakan endotelium.

Epitel Pipih Berlapis Banyak
Jaringan epitel ini umumnya terletak pada bagian tubuh yang biasa terkena tekanan mekanik. Bentuknya seperti lembaran yang bertumpuk - tumpuk, seperti yang tampak pada gambar.

Jaringan ini berfungsi untuk melindungi lapisan permukaan dari pengaruh fisik dan kimiawi, misalnya ditemukan pada permukaan kulit, rongga mulut, esofagus, anus dan vagina.

Epitel Pipih (Jaringan Epitel ) Selapis Dan Berlapis Banyak

Pada permukaan tubuh yang biasa terkena pengaruh fisik, misalnya tekanan dan dehidrasi, sel- sel epitelnya mengalami keratinasi. Sementara permukaan tubuh yang selalu lembab, sel - sel epitelnya tidak mengalami keratinasi, misalnya rongga mulut, esofagus, anus dan vagina.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel