Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Dan Makanan Sumber Karbohidrat Serta Metabolisme

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Dan Makanan Sumber Karbohidrat Serta Metabolisme - Sumber karbohidrat umumnya diperoleh dari tumbuhan seperti dari biji- bijian, umbi - umbian dan sayuran. Beberapa sumber karbohidrat dapat dilihat seperti yang tampak pada gambar.

Biji- bijian dan umbi- umbian seperti beras, jagung, gandum, kentang, singkong dan ubi banyak mengandung amilum, sedangkan sayuran banyak mengandung selulosa.

Selain itu, di dalam sel hewan juga terdapat karbohidrat, yaitu pada hati dan otot. Karbohidrat pada sel hewan disimpan dalam bentuk glikogen.

Fungsi karbohidrat di dalam tubuh adalah sebagai sumber energi (sumber kalori). Setiap satu gram karbohidrat akan menghasilkan 4,1 kalori energi.

Selain menghasilkan energi, karbohidrat juga berperan dalam menjaga keseimbangan pH tubuh; mencegah pemecahan protein tubuh yang berlebihan dan kehilangan mineral; serta membantu metabolisme lemak dan protein.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuha Dan Makanan Sumber Karbohidrat Serta Metabolisme

Metabolisme karbohidrat dimulai dari pengubahan karbohidrat kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, terutama glukosa. Karbohidrat kompleks yang berupa amilum akan dipecah menjadi glukosa.

Glukosa inilah yang diserap melalui usus, dan diangkut oleh darah melalui pembuluh darah menuju hati. Dari hati, glukosa akan diedarkan ke seluruh jaringan dan sel dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Energi yang dihasilkan tersebut berupa ATP.

Jika glukosa tidak segera diubah menjadi energi maka glukosa akan diubah menjadi glikogen (gula oto). Glikogen disimpan dalam organ hati dan otot. Pengubahan glukosa dapat diuraikan lagi menjadi glukosa.

Perubahan glukosa menjadi glikogen dibantu oleh hormon insulin sehingga hormon insulin berperan dalam menjaga keseimbangan gula darah, sedangkan penguraian glikogen menjadi glukosa dibantu oleh hormon adrenalin. Kadar glukosa yang berlebihan di dalam tubuh akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam  jaringan lemak.

Hasil pemecahan karbohidrat kompleks yang lain adalah fruktosa dan galaktosa, Kedua monoskarida ini, dibawa ke hati dan diubah menjadi glukosa.

Karbohidrat kompleks yang berupa selulosa (serat) tidak dapat dicerna oleh pencernaan manusia, namun serat mempunyai peranan penting bagi kesehatan.

Serat membantu alat pencernaan dengan meningkatkan kecepatan pengeluaran sisa makanan (feses) dari dalam tubuh sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar (kolon).

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuha Dan Makanan Sumber Karbohidrat Serta Metabolisme

Selain itu, serta terlarut (soluble fiber) dapat mengikat kolesterol dan mencegah penumpukan kolesterol pada dinding  pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit darah tinggi, jantung dan stroke. Bahan makanan yang banyak mengandung serat adalah sayuran dan buah- buahan.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel