Zat Makanan Karbohidrat Dan Kelompoknya Berdasarkan Jumlah Sakarida Penyusunya

Zat Makanan Karbohidrat Dan Kelompoknya Berdasarkan Jumlah Sakarida Penyusunya - Karbohidrat atau hidrat arang tersusun atas unsur - unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Rumus umum karbohidrat adalah C n H2 n  On’ nama lain karbohidrat adalah "sakarida", istilah tersebut dari bahasa latin "saccharum" yang berarti gula.

Karbohidrat mengandung gugus OH yang polar sehingga dapat larut dalam air. Berdasarkan jumlah sakarida yang menyusunya, karbohidrat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.
  • Monosakarida
Monoskarida merupakan karbohidrat paling sederhana yang tersusun atas satu molekul gula. Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, ribosa dan dioksiribosa. Monosakarida tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih kecil. Monosakarida merupakan hasil akhir pemecahan karbohidarat yang lebih kompleks susunanya.


  • Disakarida
Disakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas dua monosakarida, Contoh disakarida adalah maltosa, laktosa, dan sukrosa. Maltosa merupakan disakarida hasil hidrolis amilum yang terdiri atas glukosa.

Laktosa disebut juga sebagai gula susu karena hanya terdapat pada hewan yang sedang menyusui, laktosa terdiri atas glukosa dan galaktosa.

Sukrosa dalam kehidupan sehari - hari lebih dikenal sebagai gula putih (gula pasir). Biasanya sukrosa dibuat dari tanaman tebu atau bit. Sukrosa terdiri atas glukosa dan fraktosa.
  • Polisakarida
Polisakarida merupakan karbohidrat yang tersusun atas banyak monosakarida yang saling berikatan membentuk polimer, Beberapa contoh polisakarida adalah amilum, selulosa pada tumbuhan dan glikogen pada hewan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel