Sekilas Makanan Dan Zat Makanan Serta Fungsinya Untuk Tubuh

Sekilas Makanan Dan Zat Makanan Serta Fungsinya Untuk Tubuh - Pada dasarnya, tidak ada satu bahan makanan yang mengandung semua zat makanan secara lengkap dan dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh. Satu macam bahan makanan saja tidak dapat memenuhi semua kebutuhan tubuh terhadap berbagai macam zat makanan.

Hal ini karena masing - masing bahan makanan mengandung zat makanan yang berbeda - beda, baik macamnya maupun jumlahnya. Oleh karena itu, manusia memerlukan berbagai macam bahan makanan untuk memenuhi semua zat makanan yang diperlukan tubuhnya.

Makanan memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Beberapa fungsi penting makanan di dalam tubuh tersebut adalah sebagai sumber energi seperti sebagai sumber pembangun tubuh (Untuk pertumbuhan dan perkembangan).

Sekilas Makanan Dan Zat Makanan Serta Fungsinya Untuk Tubuh

Selain itu juga berfungsi mengganti sel atau jaringan yang rusak; menjaga keseimbangan cairan tubuh; menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit; dan memelihara kelangsungan reaksi biokimia di dalam tubuh (mempertahankan homeostatisis tubuh).

Unsur makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia tidak kurang dari 40 macam. Dari bermacam- macam unsur makanan tersebut dapat dibedakan menjadi enam unsur dasar, yaitu karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, vitamin dan air.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel