Fungsi Sentriol, Silia Dan Flagela (Struktur Flagela)

Fungsi Sentriol, Silia Dan Flagela (Struktur Flagela) - Yang dimaksud dengan sentriol adalah organel sel yang berbentuk silindris dengan diameter sekitar 2 µm yang dengan ukuran panjang sekitar 4 µm. Sedangkan di dalam setiap sel terdapat kandungan dengan sepasang sentriol dan letaknya sejajar tegak lurus yang terdapat di dekat inti sel. Sentriol ini juga dapat digunakan untuk pembentuk silia dan flagela.

Struktur Flagela

Fungsi Sentriol, Silia Dan Flagela (Struktur Flagela)

Struktur dan Silis adalah dua organel yang berfungsi sebagai alat pergerakan sel dan terletak diluar permukaan membran sel. Flagela dan Silia memiliki struktur yang sama, yaitu memiliki sumbu yang disebut dengan aksonem. Lihat yang tampak pada gambar.

Jumlah Flagela tidak terlalu banyak sedangkan jumlah silia pada umumnya banyak. Silia ini berukuran lebih halus serta dengan ukuran lebih pendek dengan flagela. Silia dan flagela dibungkus oleh membran.

Membran Silia dan flagela ini dibungkus oleh membran sel, sedangkan contoh sel silia adalah suatu lapisan epitel atau saluran telur (oviduk) pada wanita, Sedangkan epitel merupakan saluran sperma (apidedemis) pada pria, sedangkan pada organimsne eukariotik uniseler, misalnya paramecium.

Flagela dapat ditemukan pada spermatozoa serta beberapa organisme eukariotik uniseler, misalnya Euglena viridis dan lain - lain.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel