Inti Sel (Nukleus) Struktur Dan Fungsi Sel

Inti Sel (Nukleus) Struktur Dan Fungsi Sel - Pada sel eukariotik, materi intinya telah diselubungi oleh suatu membran dan membentuk struktur inti sel. Bagian - bagian yang menyusun inti sel antara lain adalah membran inti, pori membran inti, matriks inti sel (matriks), materi genetik dan anak inti (nukleolus).


Pada umumnya sel berbentuk bulat, akan tetapi ada juga yang bentuknya seperti gelendong. Sel eukariotik umumnya memiliki suatu inti sel. tetapi ada juga beberapa sel yang memiliki inti lebih dari satu.
Inti Sel (Nukleus) Struktur Dan Fungsi Sel
Membran inti terdiri dari atas dua lapisan, yaitu membran luar atau membran sitolistik dan membran dalam atau membran nukleolus plasmik. Diantara kedua membran tersebut terdapat ruang antar membran atau "perinuclear space" selebar 10-15 nm.

Sedangkan untuk membran luar inti sel bertautan dengan membran RE. Permukaan luar membran inti berikatan dengan filamen intermediet. Filamen intermediet menghubungkan membran inti dengan membran plasma sehingga inti sel terpancang pada suatu tempat di dalam sel.

Pada membran inti terbentuk pori - pori sebagai akibat pertautan antara membran luar dan membran dalam inti. Diameter pori membran inti berkisar antara 40- 100 nm.

Anak inti adalah tempat pembentukan dan pematangan RNA ribosomal. RNA ribosomal ini merupakan salah satu bahan untuk membentuk ribosom.

Di dalam inti sel juga mengandung materi genetik dalam kromosom. Kromosom terdiri atas benang- benang kromatin yang tersusun atas DNA, protein histon dan protein nonhiston. 

DNA juga sangat penting bagi proses sintesis protein. Materi genetik merupakan bagian utama dari sebuah inti sel karena aktivitas di dalam sel dikendalikan oleh materi genetik.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel