Transpor Pasif, Mekanisme Difusi Sederhana

Transpor Pasif, Mekanisme Difusi Sederhana - Transpor Pasif dapat berlangsung karena adanya perbedaan konsentrasi larutan di antara kedua sisi membran. Pada transpor pasif tidak memerlukan energi metabolik. Transpor pasif dibedakan menjadi tiga, yaitu difusi sederhana, difusi difasilitasi dan osmosis.

Mekanisme Difusi sederhana atau simple diffusion 

Difusi merupakan proses perpindahan atau pergerakan molekul zat atau gas dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Contoh Difusi sederhana adalah dapat dilihat pada peristiwa pelarutan tinta dalam air. Difusi melalui membran dapat berlangsung melalui tiga mekanisme, yaitu difusi sederhana, difusi melalui saluran yang terbentuk oleh protein transmembran dan difusi difasilitasi.

Difusi sederhana melalui membran berlangsung karena molekul- molekul bergerak melalui membran bersifat larut dalam lemak sehingga dapat menembus lipid bilayer pada membran secara langsung.

Membran sel permeabel terhadap molekul larut lemak seperti hormon steroid, vitamin A,D,E dan K juga bahan - bahan organik lain yang larut. Selain itu membran sel juga sangat permeabel terhadap molekul anorganik seperti O₂, CO₂, HO, H₂O.

Transpor Pasif, Mekanisme Difusi Sederhana

Beberapa molekul kecil khusus yang larut dalam air serta ion - ion tertentu dapat menembus membran melalui saluran atau chanel. Saluran ini terbentuk dari protein transmembran, semacam pori dengan diameter tertentu yang memungkinkan molekul dengan diameter lebih kecil dapat melaluinya.

Sementara itu, molekul berukuran besar seperti asam amino, glukosa dan beberapa garam mineral tidak dapat menembus membran secara langsung. Molekul tersebut memerlukan protein pembawa transporter dinamakan difusi difasilitasi. Mekanisme difusi difasilitasi dan difusi melalui chanel dapat anda lihat seperti tampak pada gambar.
Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel